Dari Desa Rambah Dunia

0
45

Pewarta : Nurhadi

SUARATIMUR (BANYUWANGI) : Pemerintah Kabupaten (Pemkab banyuwangi) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa terus melakukan inovasi untuk mengenalkan potensi desa/kelurahan yang ada di wilayah ujung timur pulau Jawa ini kepada dunia. Salah satu kreasi yang dilakukan adalah menggelar workshop pembuatan video di Aula Kantor Dinas Pemberdayaan  Masyarakat dan Desa  selama dua hari (28/02-01/03 /2017).

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banyuwangi, Zen Kostolani, salah satu tujuan pelaksanaan workshop adalah agar masyarakat desa mampu menggali dan mengeksplore potensi yang ada di wilayahnya untuk ditawarkan kepada masyarakat dunia dalam kemasan video kreatif yang menarik.plt-kepala-dinas-pemberdayaan-masyarakat-dan-desa

Animo desa/kelurahan yang ada di Banyuwangi untuk mengikuti acara workshop cukup tinggi, terbukti hampir semua kecamatan mengirimkan wakilnya untuk mengikuti workshop video kreatif yang digelar untuk kedua kalinya.”Karena berbagai pertimbangan dan segala keterbatasan yang ada maka pelaksanaan workshop kali ini kami laksanakan selama dua hari. Hari pertama diikuti oleh wakil dari 12 kecamatan antara lain kecamatan Wongosorejo, Giri dan Kabat. Sedangkan sisanya akan mengikuti workshop besuk (Rabu,01/03) di tempat yang sama,”jelas Zen Kostolani.

Adapun potensi desa/kelurahan yang bisa dirangkum dalam video kreatif, menurut Zen antara lain; potensi Sumber Daya Alam (SDA), Adat Istiadat, Ritual dan Seni Budaya, potensi wisata, industri kreatif dan lain-lain.

Sementara salah seorang pemateri acara workshop, Agus Takariyanto yang akrab dipanggil Agusta, pimpinan JTv Banyuwangi menyatakan penyelenggaraan workshop kedua merupakan upaya untuk memperbaiki beberapa kekurangan yang dilakukan oleh para peserta dalam workshop pertama.

Menurut Agusta, pada dasarnya para peserta workshop pertama rata-rata memiliki ide-ide yang bagus. Namun karena basic teknis pengambilan gambar, editing dan penulisan serta ilustrasi musik kurang sehingga hasil akhirnya juga kurang bagus.

peserta-workshop-video-kreatif

Berdasarkan pengalaman tersebut, lanjut Agusta dalam workshop video kedua ini para peserta akan dibekali dengan ilmu pengetahuan dan teknik pengambilan gambar,  editing, pembuatan narasi dan sinopsis serta teknik pembuatan ilustrasi musik.” Mudah-mudahan penyelenggaraan yang kedua ini hasilnya lebih baik karena sudah ada pembandingnya,”jelas Agusta. (*)

LEAVE A REPLY