img_8389SUARATIMUR (BANYUWANGI) : Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, menyempatkan mampir ke tempat gelaran Work Shop Public Service di depan Lounge Pelayanan Publik Pemkab Banyuwangi Rabu (15/12/2016).

Pak De Karwo memuji kreatifitas dan inovasi program pelayanan publik Pemkab Banyuwangi yang langsung dirasakan oleh warga masyarakat.”Dengan adanya acara seperti ini tidak ada demonstrasi, karena warga bisa melakukan komunikasi dengan pejabat untuk menuntaskan masalahnya,”ujarnya.

Menurut Pak De,  work shop merupakan istilah yang dimiliki  bangsa Indonesia pada masa lalu yang dikenal udhar gelung.

Dalam budaya udhar gelung, imbuh Pak De Karwo, warga bisa melakukan komunikasi dengan kepala desa untuk menuntaskan rmasalahnya, termasuk penentuan hari pernikahan. Sehingga dalam budaya tetsebut kepala desa memiliki peran yang penting.”Program pemkab Banyuwangi yang baik ini akan saya jelaskan pada kabupaten/ kota lain untuk contoh,”tegas Pak De Karwo.

Abdullah Azwar Anas, bupati Banyuwangi menyatakan program yang dilaksanakan merupakan penjabaran Ilmu dari Pak De yang disampaikan dalam setiap pertemuan.

“Program pembangunan yang disampaikan Pak Gubernur saya catat dan jabarkan dalam program pembangunan di Banyuwangi,” ujar Kang Anas.

Program  pembangunan Banyuwangi yang dikerjakan saat ini, lanjut Anas adalah pembangunan yang langsung dinikmati oleh rakyat antara lain ; perbaikan jalan rusak, perbaikan irigasi, pemasangan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) dan sebagainya.

Nurhadi

 

LEAVE A REPLY