kunjungan-komisi-9-dprd-riSUARATIMUR (BANYUWANGI) : Perkembangan Banyuwangi yang pesat selama dipimpin Bupati Abdullah Azwar Anas, menarik minat Komisi IX DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Jawa Timur, Jum’at dan Sabtu (16-17/12/2016).

Menurut Samsul Bachri, Wakil Ketua Komisi IX  kedatangannya bersama 11 anggota lain untuk melihat kondisi sesungguhnya program yang dilaksanakan Pemkab. Banyuwangi, antara lain; Harapan  Keluarga Peduli Anak Sejak Dini (Harga Pas) dan Anak Tumbuh Optimal Berkualitas dan Cerdas (Anak Tokcer).

Selain itu, imbuh Samsul pihaknya juga tertarik dengan angka harapan hidup di sini, yang berarti program-program kesehatan di Banyuwangi berjalan dengan baik sejalan dengan semankin membaiknya kondisi perekonomian warga Banyuwangi.

Pihaknya juga menaruh perhatian terhadap pelayanan kesehatan dan ketersediaan obat. Menurut politisi Fraksi Partai Golkar itu, sekaitan adanya peredaran obat palsu di daerah-daerah DPR RI membentuk Panitia Kerja (Panja) UNTUK melakukan pengawasan obat GUNA menekan peredaran obat palsu di tingkat nasional maupun di Banyuwangi secara khusus.

Masalah lain yang menjadi perhatian adalah masalah pengawasan masuknya Tenaga Kerja Asing (TKA) yang masuk ke Indonesia yang tidak sesuai dengan kebijakan nasional. ”Nah bagaimana pemkab Banyuwangi mengantisipasi permasalahan yang terjadi. Termasuk upaya menekan jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) sektor informal yang bekerja keluar negeri,”ujar Samsul.

Yang tidak kalah penting, kata Samsul, masalah kepedulian dan tingkat partisipasi warga terhadap program BPJS Kesehatan maupun Ketenaga Kerjaan yang dinilai DPR masih jauh dari target yang diharapkan.

Nurhadi

 

LEAVE A REPLY