Luncurkan Program Gema Pamili

0
85

Pewarta : Nurhadi

SUARATIMUR (BANYUWANGI ) : Dalam upaya mewujudkan kemandirian pangan hingga tingkat rumah tangga, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi membuat program Gerakan Masyarakat Pangan Mina Lestari (Gema Pamili) yang merupakan gerakan pemanfaatan lahan pertanian untuk budidaya ikan air tawar.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan pangan merupakan sektor yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas hidup rakyat. Salah satu upaya untuk meningkatkan fondasi pangan, adalah melakukan produktivitas sektor pertanian.”Produktivitas ini kami giatkan salah satunya lewat pertanian terpadu, yang dikenal dengan sistem mina padi. Yakni memadukan teknik budidaya padi dan peternakan ikan yang dilakuan bersamaan dalam satu sawah,” jelas Anas.

aaa-guntur
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas Rakor Bersama Kadis Perikanan dan Kadis PU Pengairan

Untuk mendukung hal tersebut, lanjut  Anas dibutuhkan kerja sama semua sektor yang terkait pertanian bisa membuat kebijakan komprehensif yang melibatkan lintas sektor. Sehingga tidak hanya mengandalkan  Dinas Perikanan dan Pangan, namun perlu dukungan dari Dinas Pertanian,  Dinas PU Pengairan dan instansi terkait lain.

 Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Banyuwangi, Hary Cahyo Purnomo menyatakan gerakan salah satu upaya untuk menjamin konsumsi pangan yang cukup. “Gerakan ini tujuannya untuk konsumsi pangan yang cukup, aman, bergizi seimbang di tingkat rumah tangga, dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki,” kata Hary.

Hary menjelaskan gerakan Gema Pamili ini melingkupi sistem diversifikasi seperti;  Mina Jeruk (pemeliharaan ikan bersama jeruk), Mina Naga (pemeliharaan ikan bersama buah naga), MinaPadi (pemeliharaan ikan bersama padi), serta pemanfaatan lahan agar produktivitas meningkat.”Ada enam kecamatan di Banyuwangi yang siap untuk melakukan gerakan Gema Pamili ini. Enam kecamatan tersebut adalah Glenmore, Sempu, Songgon, Licin, Glagah, dan Blimbingsari,” jelas Hary.(*)

LEAVE A REPLY