PT Lijen Kebut Penanaman Pohon Kopi

0
75
bibitkopi2
Bibit kopi Arabica di area persemaian PT Lijen

SUARATIMUR (BANYUWANGI) : Menindaklanjuti Surat Teguran dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Kabupaten Banyuwangi, PT Perkebunan Lijen yang ada di Desa Tamansari Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur bekerja keras untuk menuntaskan penanaman ratusan bibit kopi dan sengon sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan.

Alif Rusdi,salah seorang Pimpinan PT Lijen kepada SUARATIMUR menyatakan , saat ini pihaknya sudah menanam puluhan ribu bibit kopi Arabica dan menyiapkan sekitar 75 ribu bibit kopi Arabica dan 100 ribu bibit sengon untuk program penanaman tahap pertama yang dijadwalkan tuntas dalam akhir bulan ini.

“Sebenarnya kami sudah lama menyiapkan bibit tanaman kopi dan sengon, namun karena faktor anomali cuaca jajaran direski meminta pelaksanaan tanamnya ditunda hingga masuk musim penghujan,”jelas Alif.

Selanjutnya pria asli Licin itu menambahkan saat  ini sebagian lahanya dimanfaatkan oleh warga masyarakat untuk menanam aneka macam sayur sebagai kompensasi atas pembersihan lahan yang dilakukan oleh warga.

Pembersihan dan penyiapan lahan untuk penanaman pohon kopi dan sengon sengaja dilakukan  secara manual dan tidak menggunakan alat berat, menurut Alif selain karena alasan efektifitas dan efisiensi dana yang ada, kondisi geografis lahan PT Perkebunan Lijen tidak memungkinkan untuk menggunakan alat berat untuk melakukan pembersihan dan penyiapan lahan untuk penanaman tanaman kebun sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.(nur/ekos)

 

LEAVE A REPLY