Respon Cepat Tangani Bencana

0
33

Pewarta : Nurhadi

SUARATIMUR (BANYUWANGI) :   Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi memberikan respon cepat dalam menangani musibah banjir yang terjadi di wilayah selatan Banyuwangi Sabtu lalu (11/2). Hanya dalam waktu satu jam sejak diterimanya laporan, Tim Respon Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi melakukan langkah penanganan dengan mengevakuasi warga ke tempat aman.

“Pemerintah daerah memberikan respon yang cepat dalam mengatasi musibah banjir ini. Laporan terjadinya banjir masuk pada pukul 8 malam, satu jam kemudian  tim BPBD sudah berada di lokasi untuk mengevakuasi warga,” kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat meninjau lokasi musibah banjir di Dusun Kedung Manten, Desa Senepo Rejo, Kecamatan Siliragung, Senin (13/2).

Malam itu, imbuh Anas, tim BPBD bekerja sama dengan Babinsa dan Babinkamtibmas setempat melakukan vakuasi warga ke tempat aman. Mereka diamankan ke rumah warga dan masjid dan mushola yang tidak kena banjir. Adapun jumlah warga yang dievakuasi sebanyak 29 orang.

Anas melanjutkan, bencana banjir yang terjadi kali ini merupakan siklus 50 tahunan. Berdasarkan data yang ada banjir besar yang terjadi saat ini pernah terjadi sekitar tahun 1970-an. Banjir yang terjadi akibat luapan Kali Bango yang melintas desa Kesilir dan desa Seneporejo yang sejatinya bukan merupakan desa rawan bencana.

“Banjir ini terjadi akibat luapan sungai Bango, air memang sangat cepat datangnya bahkan tingginya sampai 4 meter. Tapi surutnya juga cepat, memasuki tengah malam sekitar jam dua air berangsur turun. Kedepan kami akan meningkatkan koordinasi untuk wilayah ini, fasilitas umum jembatan yang rusak akan diperbaiki,” tutur Anas. (*)

LEAVE A REPLY