Yusieni Minta Tata Ulang Kaukus Perempuan

0
65

Pewarta : Nurhadi

yusieni-wakil-ketua-dprd-banyuwangi
Yusieni, Wakil Ketua DPRD Banyuwangi asal Partai Demokrat

SUARATIMUR (BANYUWANGI) : Dalam upaya lebih mengoptimalkan peran perempuan dalam memperjuangkan aspirasi dan hak-haknya, keberadaan Kaukus Perempuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banyuwangi perlu penataan ulang pasca meinggalnya Hj Ana Anisa, Ketua Kaukus Perempuan DPRD Banyuwangi sebelumnya.

Menurut Yusieni, Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, saat ini banyak kasus yang menimpa perempuan Banyuwangi yang belum mendapatkan penanganan secara serius misalnya temuan kasus HIV/AIDs dan kematian ibu waktu melahirkan.”Kita akan segera mengumpulkan Kaukus Perempuan untuk menata ulang kepengurusan dan akan fokus pada masalah kesehatan dan reproduksi perempuan,”ujar Yusieni.

Selanjutnya politisi asal Purwoharjo itu menambahkan pihaknya saat ini juga prihatin dengan tingginya angka penyandang HIV/AIDs yang menimpa perempuan karena ketidak tahuan cara pencegahan dan penanggulangan dini terhadap penyakit yang mematikan tersebut.

Disamping itu, menurut Ibu dari dua putri tersebut, DPRD Banyuwangi tahun lalu dan saat ini fokus menuntaskan beberapa Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Banyuwangi yang berupaya memberikan perlindungan kepada perempuan secara optimal.

Yang tidak kalah penting, lanjut Yusieni, Kaukus Perempuan DPRD Banyuwangi akan mengoptimalkan keberadaan Koperasi Wanita (Kopwan) untuk memberdayakan kaum perempuan dalam membantu suami untuk mendapatkan penghasilan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.”Beberapa waktu lalu Saya ketemu dengan Plt. Kepala  Dinas Koperasi dan UMKM untuk meminta data koperasi yang sehat di Banyuwangi, khususnya Kopwan untuk mengembangkan usaha sembako dengan memanfaatkan dana hibah yang disalurkan oleh pemerintah,”jelasnya.

LEAVE A REPLY