Bentuk Tim Pemeriksa dan Pengendali Pajak

0
20
Nafiul Huda, Plt. Kepala Badan Pendapatan Daerah Banyuwangi

SUARATIMUR.NET (BANYUWANGI); Dalam upaya mengoptimalkan setoran pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) kabupaten Banyuwangi akan membentuk Tim Pemeriksa Dan Pengendali Pajak.

Menurut Nafiul Huda, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bapenda kabupaten Banyuwangi tim tersebut nantinya akan turun langsung ke Wajib Pajak (WP). Apabila tim
di  lapangan menemukan pembayaran yang kurang maka akan menerbitkan surat keterangan kurang bayar.

“Sebalilknya apabila ada petugas kami di lapangan yang kurang amanah atau masih melakukan pungutan liar (pungli) maka kami akan menindak tegas dan memberikan sanski sesuai aturan yang ada,”tegas Huda.

Kemudian terkait dengan capaian setoran pemasukan PAD sampai tri wulan ketiga tahun ini, lanjut pria asal Bojonegoro itu, apabila mengacu pada APBD induk nilainya sekitar Rp. 288 milyar rata-rata sudah tercapai sekitar 70 persen. Namun karena ada tambahan target dalam APBD Perubahan, dimana target naik menjadi sekitar Rp. 360 milyar maka prosentase capaian targetnya rata-rata sekitar 60 persen.

Ada beberapa kendala yang ditemukan di lapangan dalam upaya mengoptimalkan setoran pajak, antara lain; kurang maksimalnya kesadaran wajib pajak meskipun rata-rata sudah bagus, perlunya adaptasi dari petugas penarik pajak setelah dilakukan pemisahan. Misalnya pajak hotel dan restoran yang ditangani oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dan beberapa kendala yang lain.

Dengan semakin meningkatnya kesadaran wajib pajak dan kerja keras petugas di lapangan dengan  waktu sekitar tiga bulan  yang ada, Nafiul Huda optimis pihaknya mampu memenuhi target setoran PAD kabupaten Banyuwangi  tahun ini.

LEAVE A REPLY