Lukisan Karya Kreatifitas WBP Lapas Banyuwangi

0
66

SUARATIMUR (BANYUWANGI) – Lembaga Pemasyarakatan Banyuwangi tidak lagi menjadi tempat yang menyeramkan seperti kabar yang berkembang saat ini, Warga binaan lapas saat ini bisa tetap menyalurkan hobby dan kreatifitasnya seperti melukis, seni tari, musik, kerajinan tangan, dan bercocok tanam.

 

Hal itu terlihat sejak kehadiran Kepala Lapas Kelas IIB Banyuwangi, Ketut Akbar Herry Achjar, Bc.IP, SH, MH, sejak satu bulan terakhir.

 

Akbar demikian sapaan akrab kalapas, dirinya sengaja membuat kegiatan kegiatan positif di lapas dalam rangka merangkul dan mengayomi warga binaan yang selama ini tidak bisa menyalurkan bakat dan kreatifitasnya saat menjalani masa hukuman.

 

“Kita beri kebebasan untuk berkreasi sesuai bakat masing-masing agar tidak jenuh dan merasa di dalam lapas seperrti di rumah sendiri. Hal ini juga yang bisa mengurangi kegiatan kegiatan negatif,” ujarnya.

 

Selain itu, Akbar juga yakin dengan pendekatan yang baik kepada warga binaan menjadikan suasana damai di dalam, karena warga binaan bisa mendengarkan suara musik teman temanya yang sedang latihan. ” inilah yang membuat warga binaan satu sama lain merasa dekat seperti keluarga,” ujarnya.

 

Dari hasil kerajinan tersebut lapas Banyuwangi dapat membantu menjual kerajian tangan baik lukisan ataupun lainya. “Mereka sangat bangga karya mereka dan bisa dibeli oleh masyarakat dan pejabat pejabat,” jelasnya.

 

Sementara itu, warga binaan, Yunus menanggapi positif terobosan yang dilakukan oleh kalapas baru. Dirinya merasa nyaman bisa berkumpul dengan warga binaan lain untuk berkomunikasi positif (*)

LEAVE A REPLY