IPSI Tingkatkan Keamanan

0
25

SUARATIMUR.NET (BANYUWANGI)

 Jajaran Pengurus Kabupaten (Pengkab) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Banyuwangi berupaya maksimal menuntaskan gelaran Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) Pencak Silat Antar Pelajar SD sampai dengan SMA/SMK dan yang sederajat Negeri/Swasta Tahun 2017 Se-Kabupaten di GOR Tawangalun Banyuwangi dengan aman lancar dan sukses.

Menurut Hidayaturahman, Sekretaris Pengkab IPSI Banyuwangi, memasuki babak enam belas tensi pertandingan di gelanggang cenderung meningkat bahkan sempat terjadi gesekan-gesekan kecil yang bisa dituntaskan karena kearifan dan kebesaran hati tokoh perguruan silat dan semua elemen yang terlibat.

Salah satu langkah yang dilakukan oleh IPSI Banyuwangi, menurut dia adalah melakukan komunikasi dan koordinasi dengan semua official agar semua bisa mengendalikan diri berbesar hati dan menerima segala kekurangan yang ada dalam pelaksanaan kejurkab tahun ini.

“Sejak awal sebenarnya pengurus sudah melakukan antisipasi agar kejurkab berjalan dengan aman lancar sukses dan fair. Apabila dalam kenyataan di lapangan terjadi sedikit gesekan masih dalam taraf yang wajar karena silat merupakan salah satu cabang olahraga yang keras”ujarnya.

Memasuki babak-babak yang menentukan, Dayat berharap agar semua pihak tetap mengutamakan kepentingan pembinaan dan peningkatan prestasi cabor pencak silat dengan tetap sabar, mampu mengendalikan diri dan mendukung keamanan kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan kejurkab yang diistilahkannya sebagai kejuaran silat perdamaian.

Agar mutu dan kualitas pertandingan terjaga, sejak awal pengkab IPSI Banyuwangi sudah melakukan persiapan yang maksimal. Selain menggelar manager meeting untuk  membahas peraturan pertandingan dan loting, pengurus juga menggelar refreshing wasit/juri yang mendapatkan surat tugas memimpin  pertandingan yang dilaksanakan di  kantor Koni Banyuwangi beberapa hari sebelum pelaksanaan Kejurkab Pencak Silat Antar Pelajar.

 Disamping itu dalam berbagai kesempatan selalu mengingatkan korp baju putih untuk bersikap netral memimpin pertandingan sesuai dengan aturan yang ada tanpa memandang asal perguruan yang sedang berlaga di gelanggang sehingga pertandingan berjalan dengan aman lancar dan sukses tanpa komplain dari pihak merasa dirugikan oleh aparat yang memimpin pertandingan.

 Petugas-Kesehatan-memberikan-pertolongan-pada-Pesilat-yang-mengalami-cedera
Petugas-Kesehatan-memberikan-pertolongan-pada-Pesilat-yang-mengalami-cedera

Kemudian untuk menjamin keamanan di dalam dan diluar Gelanggang, lanjut Dayat, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan aparat kepolisian Banyuwangi. Namun karena padatnya agenda kegiatan di bumi Blambangan, termasuk program pengamanan Natal dan Tahun Baru untuk sementara aparat fokus pada kegiatan tersebut.

“Kami upayakan setelah Perayaan Natal sampai akhir pelaksanaan Kejurkab tanggal 28/12 nanti selalu ada aparat kepolisian yang bertugas mengamankan pertandingan di dalam GOR maupun di luar gelanggang agar pertandingan berjalan dengan aman lancar dan kondusif,”jelasnya. (nur-ek)

LEAVE A REPLY