1-silatSUARATIMUR (BANYUWANGI) : Lebih dari 1.500 pesilat mengikuti Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) Pencak Silat Antar Pelajar yang dibuka oleh Guntur Priyambodo, Ketua Pengurus Kabupaten (Pengkab) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Banyuwangi di GOR Tawangalun Banyuwangi Jawa Timur.

“Jumlah peserta yang ikut dalam even tahun ini merupakan rekor selama digelar kejuaraan pencak silat di kabupaten Banyuwangi , untuk kategori pelajar. Tidak menutup kemungkinan jumlah peserta  terbesar terbesar di dunia,”ujar Guntur.

Perkembangan cabang olahraga (cabor) pencak silat  luar biasa dalam lima tahun  terakhir. Namun jumlah besar belum menjadi jaminan untuk melahirkan prestasi yang hebat.

Untuk itu, Guntur meminta jajaran pengurus IPSI Banyuwangi, pelatih maupun Perguruan Silat mampu mengoptimalkan potensi pesilat yang ada. “Dalam mengikuti kejuaraan silat  tingkat Jawa Timur target kami juara dua. Apabila tidak berhasil konsekwensinya setelah masa bakti habis kami tidak mencalonkan lagi,”tegas Guntur.

2-silat

Hadi Sucipto, Ketua Panitia Pelaksana Kejurkab silat pelajar tahun 2016 total tercatat 1.543 yang terdiri dari beberapa kelas untuk kategori SD/MI, SMP/ Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan SMA /SMK/ MA se kabupaten Banyuwangi.

“Tingginya animo pelajar dalam mengikuti kejuaraan silat dan merupakan kebangaan IPSI Banyuwangi,”kata Sucipto.

Untuk meraih yang hasil optimal, lanjut Sucipto, selain butuh Managemen yang baik, Pelatih yang berkualitas dan Perguruan Pencak Silat serta Partisipasi sekolah untuk memberikan doa dan  suport agar maksimal.

Nurhadi

LEAVE A REPLY