SUARATIMUR.NET : Jelang Ulang Tahun ke-66, Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Banyuwangi menanam terumbu karang. Transplantasi karang yang dilakukan di perairan belakang Markas Satpolair Ketapang tersebut berjumlah 66. Angka itu sama dengan usia Polair yang telah memasuki 66 tahun.

Mulanya Polisi Perairan di bawah komando AKP Subandi tak ada niat untuk melakukan penanaman terumbu karang. Ide itu baru muncul Oktober 2016 ketika melakukan penyelaman dalam rangka Gerakan Jumat Bersih di belakang mako yang tak jauh dari Pelabuhan Tanjungwangi. Menurut AKP Subandi, ketika membersihkan pantai di belakang markas banyak ikan hias berukuran kecil yang seliweran di air.

“Ikan hiasnya banyak tapi kok terumbu karangnya tidak ada. Yang terlihat batu karang dan hamparan pasir yang ada di dasar pantai,” ungkap Kasatpolair.

Akhirnya, setia Jumat digelar kegiatan transplantasi karang dengan titik fokus di belakang Markas Polair Ketapang. Proses transplantasi sampai penanaman di dasar laut dilakukan oleh anggota Polisi Perairan sendiri. Diharapkan program ini bisa mengembalikan kejayaan kawasan Pesisir Ketapang, Kecamatan Kalipuro sebagai tempat berkumpulnya ikan hias.

45satpolair-1
Persiapan di Pinggir Pantai

“Dulu terumbu karang di sepanjang Pesisir Ketapang bagus. Akibat penangkapan ikan menggunakan alat tangkap terlarang dan merusak akhirnya karangnya hancur. Ikan hiasnya punah seiring rusaknya terumbu karang,” ungkap AKP Subandi.

Ikan hias asal Banyuwangi dulu banyak menghiasi pasar Jakarta. Termasuk koral yang rusak turut pula diperdagangkan secara masif. Kasus itulah yang mengakibatkan kerusakan biota laut dan terumbu karang di sepanjang Pesisir Ketapang.

“Sekarang ikan hias itu mulai muncul lagi. Makanya kita terus tergerak untuk melestarikan terumbu karang yang ada di belakang markas,” ujarnya.

Proyek itu akan dijadikan percontohan. Apabila berhasil maka penanaman terumbu karang bakal di perluas di wilayah yang lain masih di sekitaran Pesisir Ketapang. Apalagi di Perairan Watudodol gerakan yang sama telah dijalankan oleh Kelompok Masyarakat Pesona Bahari, Bangsring Boat dan Pokmaswas. Ketiganya merupakan binaan Satpolair Polres Banyuwangi. (*)

LEAVE A REPLY