kapolres-pamitanSUARATIMUR (BANYUWANGI) : Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Agus Yulianto, Jumat (16/12/2016), resmi berkantor di Mapolres Banyuwangi. Mantan Kapolres Malang ini menggantikan posisi koleganya, AKBP Budi Mulyanto yang mendapat jabatan baru sebagai wakapolrestabes Surabaya.

Pergantian pucuk pimpinan dua perwira menengah lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang ini sejatinya telah digelar Selasa (13/12/2016) lalu. Serah terima jabatan dipimpin langsung Kapolda Jatim Irjen Anton Setiadji di Mapolda Jatim. Kebetulan proses serahterima di Polres Banyuwangi baru bisa dilaksanakan Jumat sekitar pukul 08.45 WIB.

Sebelum prosesi sertijab dua perwira berpangkat dua melati dihelat, AKBP Budi Mulyanto bersama istri datang lebih dulu di Mapolres Banyuwangi sekitar pukul 08.15 WIB. Pamen kelahiran Batang, Jawa Tengah ini tiba mengendarai mobil pribadi Toyota Alphard Nopol P 1 AH. Begitu tiba, mantan Kapolres Banyuwangi ini langsung menuju ruangan.

Selang setengah jam kemudian, penggantinya AKBP Agus Yulianto SIK, MSi datang mengendarai mobil dinas. Tanpa didampingi istri, Kapolres Banyuwangi yang baru ini disambut Wakapolres Kompol Muhammad Yusuf Usman di pintu gerbang utama Mapolres Banyuwangi. Usai pengalungan bunga, AKBP Agus Yulianto berjalan melintasi karpet merah didampingi Kompol Yusuf Usman menyalami satu persatu anggota bhayangkari serta pejabat utama Polres Banyuwangi.

Selanjutnya, AKBP Agus Yulianto melakukan pertemuan dengan sejumlah pejabat utama Polres Banyuwangi bersama AKBP Budi Mulyanto. Pertemuan itu berlangsung sekitar 30 menit. Setelah itu, mantan Kapolres Banyuwangi AKBP Budi Mulyanto beserta istri dilepas dengan prosesi pedang pora oleh perwira berpangkat inspektur dua.

Rona haru mewarnai pelepasan kapolres yang menjabat selama kurang lebih setengah tahun di Bumi Blambangan tersebut. Satu persatu perwira dan pejabat utama Polres Banyuwangi di salami oleh AKBP Budi Mulyanto. Ada beberapa orang bahkan dipeluk. Aksi yang sama juga dilakukan Riri Budi Mulyanto, istri AKBP Budi Mulyanto.

Awalnya AKBP Budi Mulyanto terlibat tegar melintasi pedang pora. Tapi detik-detik jelang melintasi pintu gerbang keluar Mapolres Banyuwangi, raut mukanya terlihat sedih. Air matanya bahkan terlihat menetes ketika mengacungkan salam dengan kedua tangannya dari dalam mobil pribadi.

Kepada awak media, AKBP Agus Yulianto, bakal mengembangkan kinerja koleganya yang kini menjadi Wakapolrestabes Surabaya. Terutama masalah kamtibmas di wilayah ujung timur Pulau Jawa jelang libur Natal dan Tahun Baru.

“Kita akan antisipasi Pelabuhan Ketapang dari teroris dan narkoba. Pengamanan akan melibatkan personil Polres Banyuwangi, Brimob Polda Jatim, serta bantuan personil dari TNI AL dan Kodim 0825 Banyuwangi,” jelasnya menandai wawancara perdana dengan pemburu berita.

Nurhadi

LEAVE A REPLY