lepas-pamitSUARATIMUR (BANYUWANGI) : Tembang kehilangan yang dilantunkan secara duet antara Danang dan Riri Budi Mulyanto di Pendopo Pemkab Banyuwangi, Jumat (16/12/2016) malam, menjadi pengantar tugas mantan Kapolres Banyuwangi AKBP Budi Mulyanto menuju posisi barunya sebagai Wakapolrestabes Surabaya. Lagu itu seolah menjadi gambaran betapa beratnya perwira menengah kelahiran Batang, Jawa Tengah ini meninggalkan Tanah Gandrung.

Perasaan itu sebelumnya dia utarakan di hadapan seluruh tamu undangan yang memadati pendopo. Bagi AKBP Budi Mulyanto, Banyuwangi telah menarik hatinya untuk tetap tinggal. Ada banyak faktor yang membuatnya jatuh cinta dengan Bumi Blambangan.

“Jangankan investor, saya yang orang luar Banyuwangi saja pingin tinggal di sini. Di Surabaya kalau liburan yang dituju paling mall. Selama bertugas di sini saya bisa merubah mindshet anak-anak saya,” ungkapnya di kala memberi sambutan didampingi sang istri, Riri Budi Mulyanto.

Masa tugas mantan Kapolres Sampang di Sunrise of Java memang terbilang singkat. Sejak menggantikan AKBP Bastoni Purnama pada Mei 2016, AKBP Budi Mulyanto selama kurang lebih enam bulan terakhir bekerja keras untuk memajukan Banyuwangi. Salah satunya adalah change mindshet nelayan Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo yang semula menjadi pengebom ikan sehingga beralih sebagai pelaku pariwisata serta penyelamat terumbu karang. Keberhasilan itu bahkan mendapat apresiasi positif dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

lepas-pamit-2

Bagi AKBP Agus Yulianto, kebijakan positif yang dilakukan pendahulunya bakal dikembangkan. Karena itu dirinya meminta bantuan semua pihak termasuk para tokoh yang tergabung dalam Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Banyuwangi untuk bersama-sama mengamankan wilayah ujung timur Pulau Jawa.

Masukkan dari semua kalangan sangat kami nantikan dalam memimpin Polres Banyuwangi ke depan,” ujarnya.

Bupati Abdullah Azwar Anas pun menyambut baik permintaan AKBP Agus Yulianto. Sebagai pemimpin Bumi Blambangan selama dua periode, Kang Anas kemudian bercerita tentang Banyuwangi. Cerita itu mengenai seputar kemajuan pembangunan serta pariwisata sehingga mampu mendongkrak perekonomian warga.

“Alhamdulillah Banyuwangi masuk rangking 8 top pariwisata di seluruh Indonesia,” kupasnya disaksikan Dandim 0825 Letkol Roby Bulan, Kejari Banyuwangi AA Andyana, Danlanal Banyuwangi Letkol Laut Nazarudin, serta sejumlah pejabat yang lain.

Kehadiran Danang diacara pengantar tugas petinggi Polres Banyuwangi tidak malam ini saja. Setengah tahun lalu, saat AKBP Budi Mulyanto menggantikan AKBP Bastoni Purnama, jawara Dangdut Academy Asia itu juga tampil menghibur. Kehadiran Danang tentu saja menjadi penutup manis tugas AKBP Budi Mulyanto selama di Banyuwangi. (*)

 

LEAVE A REPLY