Satpolair Kejar Pelaku Ilegal Fishing

0
40

Pewarta : Nurhadi

SUARATIMUR (BANYUWANGI) :   Satuan Polisi Perairan (Satpoair)  Polres Banyuwangi Jawa Timur menyita sebuah perahu milik nelayan Bimorejo, Kecamatan Wongsorejo dan mengamankan kurang lebih satu kuintal ikan Sulir hasil tangkapan nelayan.

Petugas melakukan penyitaan karena menduga awak perahu menangkap ikan dengan menggunakan bahan peledak dalam melakukan penangkapan ikan di utara Pulau Tabuhan Wongsorejo pada Sabtu (11/2/2017) pagi.

Menurut Kasatpolair Banyuwangi, AKP Subandi, upaya penyelidikan langsung digelar Satpolair Polres Banyuwangi sekitar pukul 06.00 WIB. Aksi curang menangkap ikan yang dilakukan oknum nelayan tersebut berusaha dihentikan dengan menyisir Perairan Tabuhan serta pesisir Pantai Bimorejo.

ilegal-fishing
Kasatpolair AKP Subandi menunjukan barang bukti ikan hasil tangkapan ilegal

“Tim lidik sengaja dibagi dua, dimana satu tim bertugas menyisir perairan dibawah komando Kanit Penegakkan Hukum Aiptu I Gede Ika Darmayasa. Sedangkan satu tim yang menyisir pantai saya pimpin sendiri,” terang Kasatpolair Polres Banyuwangi.

Taktik dan strategi yang dijalankan oleh tim  membuahkan hasil. Petugas mengamankan ikan hasil tangkapan dan perahu bermesin disel yang dijadikan sarana para nelayan untuk mengangkut ikan hasil pengeboman. “Praktek pengeboman ikan melibatkan dua perahu. Satu perahu bertugas menceburkan bahan peledak. Sedangkan satu perahu lagi memuat ikan yang mengambang di permukaan,” jelas AKP Subandi.

Penanganan praktek penangkapan ikan ilegal ini mendapat apresiasi Kapolres Banyuwangi AKBP Agus Yulianto. Dia mengapresiasi langkah cepat anggota Satuan Polisi Perairan dalam mencegah dan menanggulangi praktek illegal fishing. (*)

LEAVE A REPLY