Begini cara Pelaku Mengurangi Takaran LPG 3 KG yang Berhasil Diamankan Polres Jember

0
39

SUARATIMUR.NET (JEMBER ) – Polres Jember berhasil mengungkap dan mengamankan Muhtar Hadi warga Tegal Gede Sumbersari Jember yang merupakan pelaku pengurangan takaran isi LPG 3 Kilogram di rumahnya, dalam menjalankan aksinya pelaku mengurangi isi tabung LPG 3 Kg dikurangi menjadi 2-2,5 kg dengan menggunakan pipa besi untuk di pindah ke tabung kosong.

“Tersangka merupakan pelaku pengurangan isi tabung gas LPG 3 kg, dimana dalam menjalankan aksinya pelaku menyuntikan pipa besi ke tabung yang ada isinya untuk disalurkan ke tabung kosong dengan cara tabung kosong di taruh di bawah, sehingga isinya berkurang, “ ujar Kapolres Jember AKBP. Kusworo Wibowo SH. SIK.

Terungkapnya kasus pengurangan isi gas LPG 3 Kg yang dilakukan oleh Muhtar Hadi ini diketahui setelah beberapa warga disekitar rumahnya curiga dengan isi tabung yang dibeli dari toko pelaku, dimana rata-rata penggunaan tabung LPG 3 kg untuk pemakaian normal bisa sampai 1 minggu, namuan di toko pelaku, hanya cukup untuk penggunaan 4-5 hari saja.

“Menurut warga pelaku dalam menjalankan aksinya sekitar satu bulan, namun dari penyidikan sementara, pelaku mengaku baru seminggu menjalankan aksinya, ” ujar Kapolres

Kapolres menambahkan,  dalam menjalankan aksinya,  pelaku mengambil keuntungan sebesar 15 ribu tiap 14-15 tabung yang ‘disedot’ untuk diisikan ke tabung yang kosong. “Jadi sekitar 14 -15 tabung itu menghasilkan 1 tabung kosong yang berisi dan di jual 1.5000 kepada masyarakat,” beber Kapolres

Sehingga masyarakat membayar dengan harga 1.5000 dengan harapan isinya 3 kg namun yang dirasakan oleh masyarakat, belum sampai 3 kg gas tersebut sudah habis.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuayannya,  pelaku dikenakan pasal 62 undang-undang perlindungan konsumen dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara (*)

LEAVE A REPLY