SUARATIMUR (BANYUWANGI) : Warga Pantai Boom, Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (5/12/2016), wadul (ngadu, red.) ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat menyusul arogansi PT PELINDO III Tanjung Wangi Banyuwangi, yang akan segera menggusur mereka dari kawasan pantai yang segera disulap menjadi Boom Marina Banyuwangi.

Ratusan warga sebanyak 133 KK yang tersebar di Pantai Boom itu, datang ke Kantor DPRD dengan diwakili lima orang tokoh, diantaranya Saknan, Ketua RT01 dan Nur Yasin, Ketua RW01 Lingkungan Krajan Kelurahan Kampung Mandar, Banyuwangi. Mereka diterima langsung oleh Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Banyuwangi, antara lain, Irianto (Ketua), Heksa Sudarmadi (Sekretaris), Ficky Septalinda (Ketua Komisi I), Eko Hariyono (anggota Komisi III), Salimi (Komisi IV) dan Made Swastika (Komisi I).

Nur Yasin mengungkapkan warga tidak siap untuk pindah dari Pantai Boom. Selain lokasi yang akan mereka tempati belum jelas dan tidak dilengkapi sarana prasarana permukiman, seperti air bersih, listrik, rumah dan fasilitas lainnya, batas waktu yang diberikan PT PELINDO III Tanjung Wangi juga sangat pendek. Sebagaimana surat peringatan pertama PT PELINDO III Banyuwangi, warga harus mengosongkan lahan di Pantai Boom, Selasa (6/12/2016) besok.

‘’Kami tidak siap jika harus pindah besok. Sampai saat ini kami juga tidak tahu persis dimana lokasinya,’’ jelas Nur Yasin.

nur-yasin-ketua-rw01-a
Nur Yasin

Menurut Nur Yasin, warga tidak mau jauh-jauh dipindahkan dari Pantai Boom karena takut kehilangan matapencahariannya. ‘’Kalaupun warga ditampung bekerja di Boom Marina, honornya juga tidak memadai bila harus tinggal di lokasi yang disiapkan PPI di daerah Ketapang. Honor warga akan habis untuk transportasi,’’ tambah Nur Yasin.

Karena itu, Nur Yasin, meminta kepada Fraksi PDI Perjuangan bisa memperjuangkan nasib warga Boom agar bisa diperlakukan secara manusia. Apalagi hingga pertemuan terakhir, Senin (21/11/2016), belum tercapai kata sepakat antara warga dengan PT PELINDO III sekaitan pemindahan mereka dari Pantai Boom.

irianto-ketua-f-pdi-perjuangan-a
Irianto

Menanggapi keluhan warga Boom, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Banyuwangi, Irianto, berjanji akan memperjuangkan aspirasi warga Boom, dan segera mempertemukan dengan para pihak terkait sehubungan dengan rencana relokasi warga dari Pantai Boom.

‘’Karena ini menyangkut masalah kemanusiaan, fraksinya pasti akan mengawal untuk mencari jalan keluar terbaik. Terlebih warga Boom juga mendukung kehadiran pembangunan Boom Marina,’’ jelas Irianto.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan itu, juga menambahkan DPRD Kabupaten Banyuwangi akan menggelar hearing yang akan mempertemukan warga, pemda, PT PELINDO III dan PT PPI, sebagaimana menindaklanjuti surat permohonan hearing warga ke DPRD, Kamis (1/12/2016) lalu.

‘’Namun karena Ketua DPRD dan anggota DPRD masih sibuk minggu ini, kemungkinan hearing akan digelar minggu depan. Kami juga minta kepada PT PPI dan PT PELINDO III untuk tidak melakukan penggusuran sampai ada titik temu dengan warga. (nur/*)

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY