degan-bakso-wmv_000131480

SUARATIMUR (BONDOWOSO) :  Degan atau kelapa muda biasanya lebih disukai dikonsumsi dalam keadaan dingin, bahkan dengan campuran berbagai buah.

Namun di Bondowoso, ditangan seorang terampil, ternyata degan dapat dipadukan dengan bakso. Dan kini dikenal dengan menu kuliner unik degan bakso. Selain gurih dengan cita rasa nikmat karena terasa kenyal kelapa muda setengah matang, juga degan bakso dipercaya bisa meningkatkan stamina bagi kaum pria.

Es kelapa muda atau degan mungkin sudah sering kita dengar. Tetapi kita terbiasa mengkonsumsinya dengan campuran buah seperti alpukat dan durian. Namun terdengar aneh jika kita hanya membayangkan. Bagaimana tidak memakan degan dengan dicampur bakso, dengan sensasi kenyal kelapa muda.

Ditangan Gani, seorang pria kreatif inilah degan ternyata cukup nikmat dikonsumsi dengan kehangatan kuah bakso. Untuk penyajiaanya, degan muda dikupas bagian atas dan bawah layaknya penyajian es degan. Kemudian air degan dilainkan dan daging degan dikerok halus. Setelah  degan siap saji, kemudian dituang bakso berikut kuah, pentol berikut bumbu dan tahu.

degan-bakso-wmv_000122240

Kuah bakso disajikan cukup banyak dan dalam kondisi sangat panas. Hal ini dilakukan agar kelapa muda dapat setengah matang, sehingga tercipta rasa kenyal dan gurih. Pemberian bawang goreng dan seladri diberikan lebih banyak agar cita rasa bakso tetap kuat.

Gani, sang kreator degan bakso mengaku awalnya hanya coba-coba karena bakso dan es degan yang dia jual sepi pembeli. Setelah dipadukan, ternyata banyak pembeli yang memesan untuk menikmati kuliner baru tersebut.

Satu porsi degan bakso dibandrol dengan harga Rp 25 ribu per porsi. Selain rasanya sangat gurih degan bakso dipercaya dapat meningkatkan stamina bagi pria dewasa. (*)

Zelvy Novitasari

 

 

 

LEAVE A REPLY