wwws-1

Tidak terasa Wahana Wisata Waduk Sidodadi (WWWS) yang berada di Desa Karangharjo Kecamatan Glenmore kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, genap berusia satu tahun sejak dicanangkan sebagai destinasi di wilayah timur Pulau Jawa. Sebenarnya, waduk yang bentuknya melingkar serta berliku tersebut merupakan embung air untuk keperluan Industri Gula Glenmore.

Namun dalam perkembangannya, waduk seluas 2 hektar dengan kedalaman 2,5 meter itu, mampu menarik perhatian masyarakat sekitar Pabrik Gula Glenmore setelah PTP Nusantara XII Kebun Kalirejo Banyuwangi menyediakan beberapa unit perahu untuk kepentingan pengawasan waduk yang mampu menampung air 50.000 meter kubik.

wwws-2

Banyaknya masyarakat yang memanfaatkan lokasi tersebut untuk kegiatan rekreasi, mendorong Kebun Kalirejo Glenmore untuk mengelolanya sebagai destinasi baru dengan melengkapi sarana dan prasarana lainnya, seperti permainan Flying Fox, Perahu Dayung, Bebek Air, sepeda ATV dan beberapa permainan menarik lain.

Untuk bisa menikmati wisata tersebut, kata Tatang, Koordinator Operasional Waduk Sidodadi, pengunjung hanya dikenakan biaya parkir kendaraan yang dibawa. Seperti sepeda motor dikenakan tarif parkir Rp. 2.000,- kemudian mobil membayar Rp. 5.000,-, minibus Rp. 15.000,- dan pengunjung yang bus membayar Rp.20. 000,-

Sedang bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan waduk dengan menggunakan  transportasi umum, mereka bisa turun di Stasiun Glenmore bagi yang naik Kereta api dan turun di pertigaan Karangharjo untuk penumpang bus.

Pada hari Sabtu dan Minggu, rata-rata jumlah pengunjung tempat wisata terebut tercatat 300 hingga 1.000 orang. Mereka berasal dari Malang, Surabaya, Rembang dan beberapa kabupaten/kota lain serta wisatawan lokal Banyuwangi.

Di kawasan waduk wisatawan bisa merasakan kesejukan di bawah naungan aneka macam pohon seperti; mahoni, jabon, waru, trembesi, coklat, kleresede, ketepeng dan berbagai macam bunga yang indah.

wwws-3

Selain menawarkan keindahan dan kesejukan alam bagi wisatawan yang datang dan berkunjung, pengelola waduk Sidodadi juga menyiapkan fasilitas restoran dan kedai untuk memanjakan selera makan dengan bermacam kuliner yang berupa makanan dan minuman dengan  harganya terjangkau. Adapun menu andalan resto Waduk Sidodadi adalah Lalapan Ayam Laos dan Kopi Lanang  produk PTP XII (Rolas) dengan beberapa varian rasa.

Bahkan dalam beberapa waktu terakhir, pengelola restoran Waduk Sidodadi juga melayani permintaan kantor pemerintah / swasta yang menggelar rapat dengan kapasitas 200 peserta apabila menggunakan meja kursi dan 350 orang apabila lesehan. Disamping, menyediakan tempat pertemuan, pihak pengelola juga siap melayani permintaan konsumsi dengan menu yang beragam dan  sesuai dengan selera pemesan.

Nurhadi

LEAVE A REPLY