SUARATIMUR.NET : Tak hanya menjadi poros jalur transportasi maritim Indonesia Timur,  perairan Selat Bali yang menghubungkan Pulau Jawa dan Bali, ternyata juga menyimpan pesona wisata bawah laut yang eksotis.

Meski tersebar di dua wilayah kabupaten, Banyuwangi, Jawa Timur dan Jembrana, Bali, namun hal tersebut tidak menjadi halangan bagi wisatawan untuk menjangkaunya. Paling tidak itu yang kami rasakan ketika mengikuti Gathering Wartawan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jember, belum lama ini. Ada puluhan wartawan media cetak, online, radio dan televisi yang tergabung di PWI (Persatuan Wartawan Indonesia), IJTI (Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia) dan AJI (Aliansi Jurnalis Indonesia),  berkesempatan menikmati pesona matahari terbit dan keindahan bawah laut Selat Bali.Kesempatan manis itu kami peroleh setelah mengikuti beberapa acara sosialisasi yang diadakan OJK Jember. Setelah istirahat cukup, Minggu (20/9) pagi kami terjaga oleh keindahan matahari terbit di Pantai Grand Watu Dodol (GWD), yang berada di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur. Maklum kami semua selama mengi kuti kegiatan gathering tidak disediakan penginapan, namun bermalam di tenda­tenda yang telah disiapkan pihak penyelenggara. Sehingga begitu tiba waktu matahari terbit, kami semua dengan mudah untuk mengabadikannya.

Sebenarnya potensi bawah laut di Selat Bali berpotensi untuk di kemas menjadi segitiga destinasi wisata, satu sisi berada di Pantai GWD, dan sisi yang lain berada di Pulau Tabuhan yang masih berada di wilayah Banyuwangi dan Pulau Menjangan yang berada di Kabupaten Jembrana, Bali.

Ketiga destinasi wisata air itu, sama-sama menyajikan keindahan bawah laut Selat Bali. Untuk menuju tiga lokasi wisata tersedia telah tersedia sarana perahu motor, baik di Pantai GWD, Bangsring Underwater (Bunder) dan Pantai Kampe Bangsring. Sedang biaya untuk kegiatan snorkling ke Pulau Menjangan,  pengunjung akan dikenai tarif mulai Rp 150 ribu hingga Rp 250 ribu per orang untuk biaya sewa perahu dan akomodasi. Atau tarif per perahu Rp 2 juta untuk 10 orang, termasuk biaya peralatan snorkling dan akomodasinya. Anda tertarik untuk mencobanya? Yang pasti wisata sunrise dan snorkeling ini bisa menjadi alternatif wisata keluarga. (Suryono)

LEAVE A REPLY