Jelang Dioperasionalkan, Dinkes Jember Berikan Orientasi Puluhan Sopir Ambulan Desa

0
27
Puluhan Sopir Ambulan Desa saat mendapatkan materi dari tutor

SUARATIMUR.NET (JEMBER) Guna menyiapkan tenaga sopir ambulan desa yang mumpuni serta sesuai SOP, Dinas Kesehatan Jember Senin (26/3/2018) memberikan pelatihan dan orientasi kepada sekitar 94 sopir ambulan desa di hotel Mulia Jember, dalam pelatihan dan orientasi ini, sejumlah sopir ambulan desa mendapat materi utama yaitu bagaimana memberikan bantuan hidup dasar pada pasien dalam kondisi darurat.

“Setelah kelengkapan surat-surat ambulan desa hampir selesai, hari ini kami memberikan orientasi dan pelatihan kepada 94 sopir ambulan desa, setidaknya ada tiga materi utama yang diberikan pada orientasi sopir ambulan yakni, pelatihan bantuan hidup dasar pada sopir kepada pasien dalam kondisi darurat, cara perawatan unit ambulan desa serta pemberian asuransi pada sopir dari BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan,” ujar Kadinkes dr. Siti Nurul Qomariah.

Menurut Nurul, dengan diberikannya bekal bagi puluhan sopir ambulan desa ini, pihaknya berharap awal bulan depan mobil ambulan desa sudah bisa di operasionalkan, “Jadi untuk kelengkapan surat unit ambulan desa maupun sopir ambulan sudah kita matangkan. April semuanya baik unit ambulan desa maupun sopir sudah siap kita operasikan,” tambah Nurul..

Nurul menambahkan, Orientasi umum dan pelatihan bantuan hidup dasar bagi sopir ambulan desa yang dilaksanakan tersebut sudah beberapa tahap. Total akan ada sekitar 50 sopir ambulan lagi yang akan mendapatkan orientasi untuk kesiapan operasional ambulan desa. “Saat operasional ambulan desa di tiap kecamatan, desa dan Puskesmas, nanti unit ambulan maupun sopir sudah siap betul melayani masyarakat Jember,” ujarnya.

Mengenai pengurusan kelayakan jalan unit pelayanan kesehatan gratis ini, Kadinkes Jember, dr. Siti Nurul Qomariyah menerangkan bahwa 50 unit yang terdiri dari 40 unit medan datar dan 10 unit medan sulit, kelayakan jalannya telah selesai dan sudah lebih dahulu beroperasional. Pihaknya juga tengah menyiapkan para sopir untuk pendidikan dan latihan serta melengkapinya dengan surat izin mengemudi khusus ambulan. (*)

LEAVE A REPLY