Mobil dan Sepeda Motor Hadiah Gerak Jalan Tajemtra Bakal Diperebutkan Ribuan Peserta

0
135

SUARATIMUR (JEMBER) – Kegiatan Gerak Jalan Tanggul Jember Tradisional (Tajemtra) tahun 2017 yang akan dilaksanakan pada 9 September 2017 akan semakin meriah, dengan hadiah utama 1 unit mobil dan 5 sepeda motor, kegiatan ini akan menyedot ribuan peserta baik yang resmi maupun penggembira, tercatat dari dari data yang diterima media ini, hingga Rabu (6/9/2017) pukul 19.00 WIB, sedikikitnya 5821 peserta resmi sudah mendaftar.

Dari 5821 peserta yang mendaftar, ada 6 kategori yang diperebutkan pendaftar, diantaranya beregu umum putera 307 regu, beregu umum puteri 55 regu, beregu pelajar putera 64 regu, beregu pelajar puteri 4 regu, perorangan putera 1157 orang dan perorangan puteri 364 orang.

“Kita optimis peserta pada hari Kamis (hari ini) dan Jumat (besok) akan naik dengan cepat seperti pada tahun-tahun sebelumnya, dan ada perubahan yang signifikan pada pelaksanaan tahun ini, seperti pencapaian wisata edukasi dan religi, serta acuan keagamaan,” ungkap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pemkab Jember, Dedi Muhamad Nurahmadi Rabu (6/9/2017) malam.

Kegiatan Tajemtra yang sudah diselenggarakan sejak tahun 1972 ini terus mendapat pembenahan, perbaikan dan peningkatan kualitas pelaksanaan. Dedi mencontohkan, sepanjang jalur Tanggul-Jember sepanjang 30 km, akan melewati lokasi wisata, tempat peribadatan dan potensi-potensi lainnya.

“Jadi kita arahkan untuk penilaian tertentu, dengan memberikan kesempatan dan waktu bagi peserta untuk menunaikan ibadah sholat di masjid atau musholla yang dilalui, dan kita akan memberikan tanda khusus di tempat peribadatan,” tambahnya.

Selain itu, pihaknya lanjut Dedi juga akan melibatkan pihak dari sejumlah pondok pesantren untuk turut meramaikan pelaksanaan Gerak Jalan Tradisional Tanggul Jember ini. “Jadi nanti kita akan pastikan pelaksanaan Tajem 2017 akan lebih menarik dari tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Dari data yang ada, tercatat ada peserta yang mengikuti kategori perorangan, telah berusia 104 tahun. Ia adalah P. Tokin, salah satu warga asal Kalisat yang konsisten mengikuti gerak jalan Tajem sejak 10 tahun terakhir. “Saya masih kuat, dan saya akan terus ikut gerak jalan Tajem sampai saya sudah tidak bisa jalan,” ujarnya saat ditemui pada saat pendaftaran. Ia juga mengaku akan bermalam di rumah saudaranya di Tanggul pada hari Jumat mendatang. (*)

LEAVE A REPLY