Satlantas Polres Jember Tindak Tegas Pengendara Dibawah Umur

0
24

SUARATIMUR.NET (JEMBER) – Tingginya angka kecelakaan yang melibatkan anak dibawah umur terutama dikalangan pelajar, Satuan Lalu lintas Polres Jember, melakukan tindakan kepada pelajar yang mengendarai sepeda motor, tidak sedikit dari pelajar ini yang terkena tilang.

“Pagi ini kami menjaring beberapa pelajar SMP yang mengendarai motor, meski mereka menggunakan helem serta surat-surat lengkap, tapi usianya yang belum memenuhi syarat mengunakan motor, sehingga kami lakukan penilangan berdasar pasal 281 UU no 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, siswa yang terjaring razia kami antar ke Sekolahnya untuk dilakukan pembinaan lagi,” tutur Kanit Dikyasa Ipda Agus Yudi Kurniawan Selasa (23/1)

Lebih lanjut Kanit Dikyasa Sat Lantas Jember mengatakan bahwa langkah ini dilakukan agar ada efek jera bagi anak dan orang tua wali murid supaya sadar betapa bahayanya anak dibawah umur mengendarai motor sendiri.

“Sebelumnya kami sudah melakukan sosialisasi dengan menggandeng sekolah-sekolah, agar siswa tidak membawa kendaraan bermotor sendiri, disamping melanggar UU lalu lintas karena usia yang masih belum memenuhi syarat, banyak kecelakaan yang disebabkan oleh anak-anak dibawah umur,” terangnya.

Sementara salah satu kepala sekolah SMP di Jember, Saiful Bahri mengapresiasi dan mendukung adanya operasi dan razia yang dilakukan Satlantas Polres Jember terhadap pelajar SMP, menurutnya selama ini banyak anak SMP yang berangkat sekolah menggunakan kendaraan bermotor meski pihak sekolah sudah melarangnya.

“Kami pihak Sekolah sudah melakukan sosialisasi dengan pihak satlantas Jember, menghimbau dan melarang anak didiknya berkendara sendiri, bila ketahuan membawa mendapatkan teguran dan sanksi tegas,” jelas Saiful Bahri yang dikenal dekat dengan awak media ini

Dalam operasi kali ini, sedikinya ada dua pelajar dari Sekolah Menengah Pertama di Jember mengendarai motor beat merah P. 5085 SR. Pelajar SMP Kartika Jember, dilakukan penilangan dan diantar kesekolah diserahkan pada Kepada Sekolah. (*)

LEAVE A REPLY