Wartawan Lintas Media KOMA VISION Rayakan HPN 2018 di Lapas

0
16

SUARATIMUR.NET (BANYUWANGI) – Beragam cara dilakukan awak media dalam merayakan Hari Pers Nasional (HPN) ke 72 tahun 2018. Seperti yang dilakukan puluhan wartawan yang tergabung di Koma Vision (Koran Majalah Televisi dan Online) Banyuwangi, Sabtu (09/02/2018). Mereka sengaja menggelar acara syukuran berupa nasi tumpeng dan nasi bersama petugas serta Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas IIB Banyuwangi.

foto-cinderamata-2Selain itu acara memperingati HPN 2018 juga dimeriahkan dengan pentas seni yang menampilkan Band Kapok, Akuistik, Regae dan Musik Etnik yang semuanya merupakan kelompok musik hasil binaan Lapas Banyuwangi.

Meski sempat diguyur hujan, namun tidak mengurangi kemeriahan acara HPN yang lain dari pada yang lain itu. Turut hadir KH Fauzan, anggota DPRD Propinsi Jawa Timur Dapil 3, Julisetyo Puji Rahayu, politisi Partai Demokrat dan sejumlah karyawan Hotel Aston Banyuwangi.

Pada kesempatan berbahagia itu, Kepala Lapas Banyuwangi,  K. Akbar Herry Ahyar, Bc. IP, SH, MH., berkesempatan pula menyerahkan cinderamata mata kepada Erwin Yudianto, perwakilan Koma Vision Banyuwangi berupa kaligrafi ukiran kayu dan miniatur kapal phinisi dari kertas koran kepada Gita, perwakilan Hotel Aston Banyuwangi.

Dalam sambutannya, Kepala Lapas IIB Banyuwangi, K. Akbar Herry Ahyar, Bc. IP, SH, MH., menyampaikan ucapan terima kasihnya atas dipilihnya Lapas Banyuwangi sebagai lokasi syukuran peringatan hpn 2018 oleh wartawan yang tergabung dalam Koma Vision Banyuwangi.

Kemudian Akbar demikiaimg-20180210-wa0067n sapaan akrabnya, juga mengucapkan selamat HPN ke 72 tahun 2018. ‘’Kami merasa senang atas sinergitas temen-temen wartawan selama ini. Karena temen-temen wartawan adalah mitra kami dalam menjaga eksistensi Lapas Banyuwangi. Kami tidak tabuh untuk dikritik demi kemajuan lembaga pemasyarakatan ini. Tapi kalau boleh memilih kami sebaiknya ditulis yang baik-baiknya saja, terutama terkait program kami untuk memandirikan warga binaan baik di bidang kerohanian, ketrampilan maupun seni,’’ kelakarnya.

Berkat wartawan, lanjut Akbar, pihaknya selama ini sudah banyak dibantu dalam mensosialisasikan kondisi Lapas IIB Banyuwangi yang kelebihan hingga 300 persen lebih, namun masih bisa kondusif karena adanya beragam kegiatan, khususnya lewat kelompok musik sehingga mampu menghilang kesan angker seperti image penjara selama ini.

img-20180210-wa0037‘’Karena itu kami selalu membuka diri ke pihak manapun secara kelembagaan untuk bekerja sama dengan Lapas Banyuwangi. Bahkan kami siap menampilkan kelompok musik binaan yang ada di luar lapas selama itu diajukan secara kelembagaan, baik media, wadah wartawan maupun lembaga pemerintahan atau swasta,’’ pungkas Akbar.

Sedang KH Fauzan, S.PdI, M.PdI, mengawali sambutannya dengan ucapan selamat HPN ke 72 tahun 2018. Selain itu, Fauzan menilai acara syukuran HPN dengan menggelar nasi tumpeng dan ratusan nasi kota di dalam lembaga pemasyarakatan merupakan kegiatan yang sangat istimewa karena sebelumnya belum pernah ada.

‘’Kebersamaan semua pihak dalam acara ini, baik petugas lapas dan warga binaannya, wartawan, LSM, politisi, dan perwakilan dari hotel aston merupakan momentum yang harus terus dijaga. Luar biasa di puncak peringatan HPN 2018, semua lapisan masyarakat termasuk warga binaan bisa berkumpul bersama,’’jelasnya.

Kalapas IIB Banyuwangi, K. Akbar HA didampingi petugas lapas lainnya sedang memberi pengarahan terkait pengenalan dan cara penggunaan Senpi
Kalapas IIB Banyuwangi, K. Akbar HA didampingi petugas lapas lainnya sedang memberi pengarahan terkait pengenalan dan cara penggunaan Senpi

Acara sambutan ditutup oleh Erwin Yudianto, SH, sebagai perwakilan Koma Vision Banyuwangi, yang menyampaikan permintaan maaf temen-temen wartawan selama ini karena tuntutan pekerjaan sehingga seringkali bersinggungan dengan warga binaan selama menjalani proses hukumnya.

Karena itu, lanjut Erwin, acara syukuran ini anggap saja sebagai upaya menebus dosa temen-temen wartawan selama  bekerja. ‘’Makanya kami sekarang ini mengajak  makan bersama petugas lapas dan warga binaan serta tamu undangan lainnya. Termasuk bernyanyi bersama dalam rangka syukuran HPN 2018. Mudah-Mudahan ke depan kami bisa bersinergi kembali dalam kegiatan yang lainnya,’’ kata Erwin.

Menutup kata sambutannya, Erwin, mengajak seluruh undangan melantunkan lagu pujian Sholawat Nabi.

Setelah doa dan makan bersama, acara dilanjutkan dengan pentas musik yang dibawakan semuanya oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas IIB Banyuwangi. Sedang sebagai penyanyinya, selain para artis Band Kapok, juga ada beberapa perwakilan wartawan yang naik pentas. Mereka adalah Erwin Yudianto, Hari Sincan dan Joko.

Kendati hujan deras sempat mengguyur acara syukuran HPN 2018, namun tak kuasa menghentikan acara suka cita yang terjalin antara keluarga besar Lapas Banyuwangi dengan para wartawan maupun warga masyarakat lainnya. Silih berganti musik live ditampilkan Musik Etnik Jeruji, Band Kapok, Regae Jeruji dan Akuistik Jeruji. Acara hiburan musik dalam rangka syukuran HPN ke 72 tahun 2018, ditutup dengan bernyanyi bersama membawakan lagu Kemesraan. (*)

LEAVE A REPLY