Plt. Bupati Lumajang Kembali Ingatkan ASN Untuk Jaga Netralitas Jelang Pilbup

0
23

SUARATIMUR (LUMAJANG) –  Kembali lagi Plt Bupati Lumajang, dr Buntaran Supriyanto MKes ingatkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintahan Kabupaten Lumajang.

“Saya ini sudah bolik-balik mengingatkan untuk bisa menjaga netralitas untuk ASN, netral itu mudah, cuma diam dan tidak mengajak-mengajak, tugas ASN membantu agar tidak terjadi golput, itu yang terpenting,” kata dr Buntaran saat membuka Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan tingkat IV angkatan 176 pola kemitraan Badan Diklat Provinsi Jawa Timur di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang, di Aula BKD Lumajang, pagi tadi.

Diklatpim IV tersebut, diikuti oleh 40 peserta dari ASN di Lingkungan Pemkab Lumajang.

Dr Buntaran juga meminta kepada seluruh ASN agar lebih berkonsentrasi pada tugas dan pekerjaan masing-masing tanpa terlibat langsung pada kegiatan kampanye, karena ASN memiliki peran yang sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik.

“Tugas ASN sesuai UU Nomor 5 Tahun 2014 yaitu melaksanakan kebijakan publik sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, memberikan pelayanan publik yang profesional dan berkualitas, mempererat persatuan dan kesatuan bangsa dalam negara kesatuan Republik Indonesia. Oleh karena itu, untuk mewujudkan hal tersebut, maka pemenuhan kebutuhan SDM ASN yang berkualitas, menjadi elemen yang penting,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Badan Diklat Provinsi Jawa Timur, Dr. A. Mudjib Afan, M.Kes., menyampaikan pelaksanaan diklat, memang diperlukan untuk peningkatan kapasistas ASN.

Hal tersebut sudah diatur dalam peraturan undang-undang. Ia berpesan agar semua peserta mengikuti diklat dengan baik, agar bisa lulus.

“Semua harus lulus, kuncinya semangat harus tinggi, disiplin, punya integritas yang tinggi dan kompak,” pesannya.

Ia berharap semua peserta setelah mengikuti diklat dapat membuat proyek perubahan berupa inovasi program yang diberikan untuk Pemerintah Kabupaten Lumajang.

Selain itu, Kabid Pengembangan Kompetensi Aparatur pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupatn Lumajang, Heri Siswandoko, S.Sos., melaporkan tujuan diklatpim adalah untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan serta sikap ASN dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksi (tugas pokok dan fungsi) masing-masing, membentuk profesionalitas ASN serta menanamkan sikap dan semangat dalam mewujudkan pemerintahan, sehingga terwujudnya ASN sebagaimana yang dibutuhkan. (*)

LEAVE A REPLY