Tiga On The Spot, Dispenduk Mampu Rekam Ribuan Adminduk

0
36
Warga saat melakukan perekaman e KTP di salah satu desa di Kecamatan Bangsalsari

SUARATIMUR (JEMBER) – Layanan jemput bola atau On The Spot yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) yang berlangsung selama 3 hari sejak 26 September, berhasil merekam ribuan dokumen kependudukan milik warga tiga desa di Kecamatan Bangsalsari, setidaknya 4.146 dokumen kependudukan yang diajukan oleh warga di kecamatan setempat mampu direkam.

“Hasil giat on the spot di Desa Gambirono yang dilakukan Selasa 26 September, sebanyak 1.190 pengajuan dokumen kependudukan. Rinciannya, 82 pengajuan akta kelahiran, 104 Kartu Keluarga, 216 revisi KTP el, 455 perekaman KTP el, 333 Surat Keterangan [Suket] sementara pengganti KTP el,” terang Plt Kepala Dispendukcapil Jember, Sri Wahyuniati, Jumat (29/9/2017) siang.

Tidak hanya di Desa Gambirono, Dispendukcapipl juga menggelar layanan unggulan itu selama tiga hari berturut turut, seperti di Desa Bangsalsari dan Desa Petung. Di Desa Bangsalsari 1.397 dokumen kependudukan terlayani oleh petugas. Rinciannya tercatat, sebanyak 274 pengajuan akta kelahiran, 180 Kartu Keluarga, 243 revisi KTP el, 397 perekaman KTP el, 303 Suket pengganti sementara KTP el.

“Sedangkan di Desa Petung ada 274 akta kelahiran, 235 Kartu Keluarga, 196 cetak Kartu Keluarga, 457 perekaman Ktp el, 357 Suket pengganti sementara KTP el. Jumlah total yang dilayani sebanyak 1.559 dokumen kependudukan,” jelas Yuni, sapaan dia.

Lebih lanjut Yuni menjelaskan, kegiatan on the spot ini untuk mendekatkan pelayanan adminduk pada masyarakat, sekaligus mengantisipasi terjadinya pungutan liar. Dan sekaligus untuk memberikan hak-hak sebagai warga negara Indonesia, sesuai janji kerja Bupati dan Wakil Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR – Drs Abdul Muqit Arief, utamanya janji kerja nomor 16, yakni mereformasi birokrasi untuk mempermudah dan mempercepat layanan bagi warga, membangun sistem anti korupsi serta meningkatkan kesejahteraan pegawai honorer dan PNS. (*)

LEAVE A REPLY