Upaya Siapkan Daging Sehat Untuk Rakyat

0
26
H. Syahroni, Ketua Pansus Raperda Poskeswan

SUARATIMUR.NET ( BANYUWANGI); Dalam upaya menyiapkan daging sehat bagi warga masyarakat, saat ini Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Banyuwangi tengah membahas Raperda Pos Kesehatan Hewan (Poskeswan) Inseminasi Buatan (IB) dan Rumah Pemotongan Hewan (RPH).

  1. Syahroni, Ketua Panitia Khusus (Pansus) DPRD Banyuwangi tentang Raperda Poskeswan IB dan RPH, kepada Suaratimur.net di Ruang Rapat Komisi I beberapa waktu menyatakan, Raperda yang saat ini dalam proses pembahasan merupakan upaya untuk mendukung program pemerintah swasembada daging dan penyediaan daging yang sehat dan berkualitas bagi rakyat.

Dengan adanya Poskeswan, imbuh Syahroni apabila hewan ada gejala sakit bisa mendapatkan penanganan petugas yang siaga. Demikian pula bagi warga yang menginginkan program IB bagi ternaknya akan mendapatkan layanan dari petugas yang siaga.

“Dengan adanya bibit yang unggul maka akan meningkatkan produktifitas hewan ternak  yang sehat dan berkualitas, dalam rangka mendukung program ketahanan pangan dan swasembada daging yang dilaksanakan oleh pemerintah”ujar Politisi asal Fraksi PPP tersebut.

Yang tidak kalah penting, untuk menghasilkan produk daging yang sehat dan berkualitas, maka butuh petugas yang memastikan kondisi kesehatan hewan yang akan disembelih yang sesuai dengan standar kesehatan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH).

Setelah dilakukan pemotongan, lanjut Syahroni, petugas wajib memastikan higienitas, kesehatan dan kelayakan daging yang dikonsumsi warga masyarakat.

Adapun sanksi bagi pelaku pelanggaran Raperda Poskeswan, IB dan RPH, baik petugas maupun masyarakat, menurut Syahroni mereka diancam denda sebesar Rp 50 juta dan 6 (enam) bulan kurungan. (*)

LEAVE A REPLY