12 Aki Motor Penggerak CCTV dan Pendeteksi Asap Gunung Ijen Raib

0
58
Foto Istimewa (Juara Harapan 2 Mahasiswa Fajar Rizkilah
Foto Istimewa (Juara Harapan 2 Mahasiswa Fajar Rizkilah

SUARATIMUR.NET(BANYUWANGI) – Sebanyak 12 aki yang merupakan sumber tenaga listrik untuk motor penggerak CCTV dan pendeteksi asap yang keluar dari dasar kawah Gunung Ijen, Selasa (05/09/2017), dilaporkan hilang dicuri. Akibatnya, petugas PVMBG Gunung Api Ijen, tidak dapat melakukan pemantauan dan mendeteksi semburan asap sulfatra dan gas yang keluar dari gelembung gelembung air Kawah Ijen.

Sejak hilangnya 12 aki yang dipasang di puncak Kawah Gunung Ijen, petugas Kantor Pusat Vulkanologi dan Mitgasi Bencana Geologi (PVMBG) Gunung Api Ijen  tidak bisa bekerja secara maksimal.

Sebagai laporan hasil pemantauan kondisi Gunung Api Ijen, petugas hanya dapat melaporkan dari hasil pendeteksi seismograf manual yang berada di Kantor PVMBG Gunung Ijen.

Sedang secara visual, tidak dapat lagi terpantau. Terlebih terhadap kandungan asap sulfatar yang beracun sering kali muncul bersama gelembung – gelembung air dari dasar kawah, juga tidak dapat terdeteksi.

 12 aki tersebut hilang di tempat penyimpanan didalam bangunan seperti layaknya banker yang tertutup pintu besi dan terkunci. Begitu pula lokasinya jauh dari jangkauan wisatawan Kawah Ijen karena tersembunyi dan berada di puncak Gunung Ijen.

Menurut Bambang Hery, Kepala PVMBG Gunung Api Ijen, hilangnya 12 unit aki tersebut secara bertahap terhitung sejak tanggal 12 Agustus lalu, namun belum sempat melapor enam unit aki lainnya turut hilang.

Kasus hilangnya aki tersebut telah dilaporkan kepada pihak yang berwajib untuk ditelusuri.

Sementara itu kondisi gunung api gunung ijen saat ini  dalam kondisi aktif normal. PVMBG juga telah mengeluarkan rekomendasi dan melarang kepada semua pengunjung/ untuk tidak mendekat Kawah Gunung Api Ijen dengan jarak  satu kilo meter dari Kawah Gunung Api.Namun/ setiap harinya, kawah gunung api ini tidak pernah sepi dari wisatawan.(*)

Eko Suryono

LEAVE A REPLY