48 CPNS Lapas Banyuwangi Dikenalkan Dengan Cara Penggunaan Senpi

0
13

A

Kalapas IIB Banyuwangi, K. Akbar HA didampingi petugas lapas lainnya sedang memberi pengarahan terkait pengenalan dan cara penggunaan Senpi
Kalapas IIB Banyuwangi, K. Akbar HA didampingi petugas lapas lainnya sedang memberi pengarahan terkait pengenalan dan cara penggunaan Senpi

SUARATIMUR.NET (BANYUWANGI) – Setelah dilakukan pengenalan terhadap bakal lingkungan kerjanya, kini 48 CPNS yang akan segera bertugas di Lapas IIB Banyuwangi, diperkenalkan dengan sejumlah peralatan keamanan yang akan digunakan mereka dalam bertugas.

Sebelumnya 48 CPNS telah diperkenalkan dengan kondisi lingkungan yang ada di Lapas IIB Banyuwangi, termasuk dengan beberapa infrastruktur pendukung pengawasan, seperti Scenner 3 D  dan Closed Circuit Television (CCTV).

  1. Akbar Herry Achjar, Kepala Lapas IIB Banyuwangi kepada SUARATIMUR.NET, Sabtu (10/02/2018), menjelaskan sejak diserah terimakan ke Lapas IIB Banyuwangi beberapa waktu lalu, ke 48 CPNS petugas keamanan telah dilibatkan dalam berbagai kegiatan yang ada.

Selain pengenalan lingkungan kerja, lanjut Akbar, mereka juga diperkenalkan dengan sejumlah peralatan yang nanti harus dipahami ketika mereka bertugas sebagai keamanan di lapas.

Beberapa peralatan yang harus dikuasai diantaranya, cara penggunaan Sempi (Magnum, Bernadelli, Stand Gun, Flash Ball, Gas Air Mata, Alat Kejut (Serum), Alat Detector (Untuk Penggeledahan Badan) serta Peralatan Huru Hara.

‘’Alat-alat itu harus benar-benar dikuasai oleh petugas keamanan di Lapas IIB Banyuwangi. Kendati sudah dilengkapi dengan peralatan-peralatan canggih, namun yang kami kedepankan lebih pada pendekatan persuasif dalam menciptakan situasi yang ada tetep kondusif,’’ papar Akbar.

Namun lanjut Akbar, adanya penambahan CPNS sebanyak 48 orang sangat membantu tugas-tugas keseharian di Lapas IIB Banyuwangi yang hingga Sabtu (10/02/2018), jumlahnya sudah mencapai 855 orang, sedang daya tampung lapas ini hanya sekitar 250 orang.

‘’Hampir separuhnya adalah napi narkoba. Sedang sisanya napi pidana umun. Adanya tambahan 48 CPNS ini mudah-mudahan bisa meningkatkan pengawasan dan pelayanan kami,’’ tegasnya. (*)

LEAVE A REPLY