Anas Kandidat Kuat Cagub PDI Perjuangan?

0
64

photo-anas

 

 

 

 

SUARATIMUR.NET (Banyuwangi) : Peluang Bupati Abdullah Azwar Anas (AAA) maju sebagai Calon Gubernur (Cagub) PDI Perjuangan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur, semakin terbuka lebar. Pasalnya, prestasi bupati termuda itu cukup cemerlang selama memimpin dua periode kota paling timur Pulau Jawa tersebut. Bahkan, Anas demikian panggilan akrabnya dinilai sangat loyal terhadap partai besutan Megawati Soekarno Putri.

Meski belum dideklarasi, namun Anas digadang-gadang petinggi PDI Perjuangan untuk maju sebagai calon orang nomor satu di Jawa Timur, berpasangan dengan salah satu kader PDI Perjuangan yang kini menjabat sebagai kepala daerah di Jatim.

Sumber kuat SUARATIMUR.NET, membenarkan jika Anas memiliki kans cukup besar mengisi posisi sebagai Cagub PDI Perjuangan dalam Pilkada Jatim tahun 2018 mendatang.

‘’Benar mas, peluang Pak Anas sebagai Calgub PDI Perjuangan. Saat ini masih sebagai Bakal Calon Gubernur, kita tunggu saja,’’ ungkap sumber yang tidak bersedia disebutkan namanya.

Spekulasi kemungkinan besarnya peluang Bupati Anas menjadi Calgub PDI Perjuangan dipicu pula oleh pernyataan Hasto Kristiyanto, Sekjen PDI Perjuangan ketika memberi sambutan dalam acara Kursus Politik Pancasila di Kantor DPP PDI Perjuangan Lenteng Agung, Minggu (13/8)

“Pak Azwar Anas ini sekarang bakal calon gubernur. Bisa di daerah mana saja,” ujar Hasto saat menyampaikan kata sambutan pada pembukaan Kursus Politik Pancasila,” ujar Hasto.

Namun, Hasto menyebut Anas masih sebatas bakal calon. Sebab, ada syarat khusus agar seorang bakal calon menjadi calon gubernur. “Untuk mengubah dari bakal calon menjadi calon itu sangat tergantung bagaimana mempraktikkan Pancasila,” tutur Hasto.

img-20170802-wa0061

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sementara itu sejumlah kader Korp Alumni Himpunan Mahasiswa Indonesia (KAHMI) Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, menyatakan dukungannya terhadap Bupati Abdullah Azwar Anas (AAA) maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur.

Pernyataan cerdas tersebut mengemuka dalam Gesah Reboan KAHMI Banyuwangi di Padepokan Leleneng Kelurahan Bakungan, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (4/8).

Dukungan terhadap Bupati Banyuwangi itu didasarkan atas capaian Anas demikian sapaan akbrab Abdullah Azwar Anas selama dua periode memimpin kabupaten berjuluk The Sunrise of Java.

Sebelum dipimpin Bupati Anas, Banyuwangi hanya berkutat sebagai kota dengan balutan santet pasca terjadinya ‘’Tragedi Santet’’ tahun 1998. Namun sejak terpilihnya Abdullah Azwar Anas pada tahun 2010, berbagai perubahan terjadi cukup signifikan. ‘’Banyuwangi yang sebelumnya tidak banyak dikenal masyarakat luas, kini siapa yang tidak kenal dengan Banyuwangi. Bahkan hampir pemerintahan di tanah air yang tidak menjadikan kinerja Pemkab. Banyuwangi sebagai acuan mereka. Begitu pula kepariwisataannya kini tidak hanya dikenal seantero nusantara, namun juga mancanegara,’’ papar Eko Suryono, kader KAHMI yang juga jurnalis senior tersebut.

Karena itu sejak pengembalian formulir pendaftaran Bakal Calon Guberbur oleh Bupati Anas beberapa waktu lalu, pihaknya sangat menjagokan Abdullah Azwar Anas sebagai kandidat kuat dalam proses penjaringan yang dilakukan PDI Perjuangan Jawa Timur.

‘’Memang hasil survey indikator menyebutkan nama Anas masih dibawah Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Khofifah Indar Parawangsa dan Tri Risma Harini. Namun itu tidak bisa dijadikan acuan untuk Pilkada Jatim yang akan berlangsung tahun 2018 mendatang. Siapa sangka pasangan Anis-Sandi mampu memenang Pilkada Jakarta dengan mengalahkan pasangan petahana Ahok-Jarot. Jadi semua kandidat masih memiliki peluang yang sama,’’ tegas anggota Dewan Pakar MD KAHMI Banyuwangi.

Keberhasilan Bupati Anas, selain di bidang kepariwisataan, Banyuwangi juga mengalami kemajuan pesat di bidang birokrasi dengan indikator banyaknya raihan prestasi. Kemudian Bupati Anas mampu menekan angka kemiskinan, lanju inflasi, dan pertumbuhan investasi yang luar biasa. Seperti pembangunan Pabrik Semen, LPG, Industri Gula Glenmore (IGG), Tambang Emas Tumpang Pitu (BSI dan DSI), serta berdirinya hotel bintang (Hotel Santika, Aston, El Royal, Singgasana dll).

Selain capaian diatas, tambah Eko Suryono, usia Bupati Anas yang relatif masih muda juga menjadi pertimbangan forum Gesah Reboan KAHMI Banyuwangi.

‘’Makanya tageline kami yang cerdas dan muda. Karena itu sudah waktunya Jawa Timur dipimpin mereka yang masih muda dan telah mampu membuktikan tanggungjawabnya sebagai kepala daerah,’’ pungkas Eko (ika/*)

 

LEAVE A REPLY