Awasi Sungai Pemkab Banyuwangi Pasang CCTV

0
102

SUARATIMUR (BANYUWANGI) : Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur terus melakukan inovasi dan terobosan dalam membangun dan mengembangkan destinasi wisata salah satunya dengan memasang  4 Closed Circuit Television (CCTV) atau kamera tersembunyi di sungai Kalilo untuk mengawasi perilaku masyarakat membuang sampah di sepanjang aliran sungai tersebut.

“Kami pasang di beberapa titik, seperti jembatan Kalilo di Jalan Kapten Ilyas Kelurahan Singonegaran dan Jalan Kapten Piere Tendean Kelurahan Karangrejo. Rencananya nambah 4 CCTV lagi di Sungai Kalimati Muncar dan Sungai Rogojampi agar pemantauan lebih intensif,” kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Jum’at (13/1/2017).

sungai-kalilo-2
Sungai Kalilo

Pemasangan CCTV yang dilakukan Dinas Kominfo dan Persandian Banyuwangi ini salah satu upaya untuk mengurangi budaya dan perilaku warga masyarakat, khususnya  yang tinggal di sepanjang aliran dalam membuang sampah rumah tangga dan industri yang mengakibatkan sungai kotor dan tidak sehat.

Untuk menjaga dan memelihara kebersihan dan keindahan sungai, selain lewat festival dan menyulap sungai menjadi destinasi wisata, Pemkab Banyuwangi juga melaksanakan program pemasangan kamera tersembunyi dinilai efektif menumbuh kembangkan budaya dan kesadaran masyarakat terlibat aktif dalam menjaga dan memelihara kualitas sungai.

Bupati Azwar Anas mengatakan, warga yang biasa membuang sampah di sungai nantinya  akan malu apabila terekam CCTV saat membuang sampah kemudian ditegur aparat terdekat dan diperlihatkan kepada publik.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banyuwangi, Husnul Chotimah mengatakan, pihaknya juga akan membangun Instalasi Pengolah Limbah (IPAL) komunal untuk industri pengolahan tahu dan tempe warga yang banyak terdapat di Kelurahan Pengantigan.

“Secara ekosistem, daya dukung dan daya tampung Sungai Lo menurun akibat buangan limbah domestik. Untuk itu, sungai ini menjadi prioritas yang kami garap untuk meningkatkan mutu dan kualitasnya,” tegas Husnul. (nur/ekos)

LEAVE A REPLY