Banyuwangi Wakili Indonesia Lomba Kota Wisata Tingkat ASEAN

0
12
Kepala Dinas Pariwisata Banyuwangi, MY. Bramuda
Kepala Dinas Pariwisata Banyuwangi, MY. Bramuda

SUARATIMUR.NET(BANYUWANGI) – Kabupaten Banyuwangi terpilih menjadi salah satu wakil Indonesia dalam mengikuti lomba kota wisata bersih tingkat Asean bersama lima kabupaten/kota lain.

Menurut M Yanuarto Bramuda, Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten Banyuwangi penilaian lomba  yang digelar akan dimulai akhir bulan September ini.

Adapun dua titik pantau yang disiapkan pemkab Banyuwangi, adalah Bangsring Under Water (Bunder) dan Grand Watudodol (GWD) yang ada di wilayah kecamatan Wongsorejo, imbuh Bram.

Bangsring Under Water, dipilih karena sejarah panjang perubahan mind set masyarakat yang dahulu perusak lingkungan menjadi warga yang peduli dan pengabdi pelestarian lingkungan.”Mengelola sampah laut tentunya jauh lebih sulit dibandingkan sampah darat dan hal itu menjadi nilai lebih bagi Banyuwangi dalam mengikuti,”ujar Bram.

Sedangkan pemilihan Grand Watudodol sebagai salah satu titik pantau, karena destinasi wisata tersebut dikelola pemkab Banyuwangi dengan melibatkan partisipasi warga sekitar untuk menjaga kebersihan, menyediakan makan minum bagi wisatawan dan fasilitas lain yang dibutuhkan.

Bram menambahkan keikutsertaan Banyuwangi dalam lomba kali ini merupakan momentum yang strategis untuk lebih mengenalkan kekayaan potensi wisata yang indah dan bersih bagi masyarakat internasional.

Sedangkan target yang diinginkan, menurut Bram, pihaknya memasang target maksimal atau meraih gelar juara.”Untuk itu kami bersama semua masyarakat dan pihak terkait melakukan persiapan yang optimal,”ujar Bram. (*)

Nurhadi/*ONO

LEAVE A REPLY