Bupati Anas Serahkan Klain Asuransi Nelayan

0
42

Pewarta : Nurhadi

SUARATIMUR (BANYUWANGI) : Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, menyerahkan klaim asuransi nelayan secara simbolis kepada dua janda nelayan yang masing-masing menerima Rp. 160 jutai, Jumat (17/2) di halaman kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi Jawa Timur.

Menurut Bupati Anas program asuransi bagi para nelayan dari pusat merupakan bagian dari visi pemerintah untuk meningkatkan sektor kelautan dan perikanan nasional serta untuk melindungi para nelayan.”Kehidupan nelayan rentan, kalau kepala keluarganya terjadi apa-apa asuransi ini untuk menjamin keluarga yang ditinggalkan,” tegas Anas.

Data dari Dinas Perikanan dan Pangan Banyuwangi tercatat  13.121 dari 25.665 nelayan yang menjadi penerima program asuransi jiwa satu juta nelayan. Namun, dari 13.121 nelayan tradisional, baru 5.629 yang terdaftar memenuhi persyaratan program asuransi nelayan.

bupati-serahkan-klaim-asuransi-nelayan
Bupati Abdullah Azwar Anas menyerahkan Klaim Asuransi Nelayan secara simbolis di halaman Pemkab Banyuwangi

Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Banyuwangi Hary Cahyo Purnomo menambahkan pemerintah akan gerak cepat untuk mendata sisa nelayan yang belum tercover asuransi. Dalam waktu dekat pihaknya akan jemput bola mendatangi nelayan secara langsung ke tempat tinggalnya.

“Untuk pendataan ini kami melibatkan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas), Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), dan memaksimalkan peran Kades dan Camat setempat. Pendataan tersebut sekaligus untuk memastikan, mana nelayan yang tergolong nelayan kecil untuk dibantu asuransinya dan mana yang tidak ” jelas Hary.(*)

LEAVE A REPLY