Disparda Undang Wisatawan Makan Pecel Pithik

0
66
Kadisparda Banyuwangi, MY. Bramuda
Kadisparda Banyuwangi, MY. Bramuda

SUARATIMUR.NET(Banyuwangi) : Masyarakat Desa Kemiren Kecamatan Glagah Banyuwangi malam ini mengundang wisatawan nusantara maupun mancanegara untuk menikmati sajian pecel pitik yang disajikan dalam gelaran Festival Tumpeng Sewu di desa Kemiren Kamis (24/08/2017).

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, MY. Bramuda Yanuarto, dalam even ini wisatawan yang datang tidak hanya menikmati sajian ritual adat budaya, akan tetapi bisa memesan menu spesial pecel pitik untuk disantap bersama dengan keluarga.

Ke depan, imbuh Bramuda, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia akan memberikan dukungan penuh penataan dan pengembangan desa Kemiren menjadi satu destinasi wisata yang khas di Banyuwangi khususnya Suku Oesing yang merupakan masyarakat asli Banyuwangi.

Dukungan yang diberikan pemerintah pusat, lanjut Bramuda dilandasi kenyataan geliat wisata di desa adat tersebut mengalami pertumbuhan yang signifikan mulai seni budaya, ekonomi kreatif hingga penyajian menu kuliner pecel pitik sebagai menu spesial bagi wisatawan yang berkunjung ke ujung timur pulau Jawa ini.

“Warisan budaya leluhur ini kami dorong menjadi kegiatan wisata yang mengkombinasikan antara ritual adat dengan kuliner pecel pitik yang khas suku Oesing yang hanya ada di Banyuwangi,”ujar Bram

Nurhadi/*ONO

 

LEAVE A REPLY