F Gerindra PKS Minta ada Klasifikasi Harga Air PDAM

0
60
H. Ekoi Nur HidayatSE, MM, Ketus Fraksi Gerindra DPRD Banyuwangui
H. Ekoi Nur HidayatSE, MM, Ketus Fraksi Gerindra DPRD Banyuwangui

SUARATIMUR.NET(BANYUWANGI) – Legislatif  meminta eksekutif untuk melakukan klasifikasi penetapan tarif  pelanggan PDAM di wilayah Kabupaten Banyuwangi agar ada subsidi silang dan tidak membebani masyarakat menengah ke bawah.

Pernyataan tersebut disampaikan Eko Susilo Nurhidayat, Ketua Fraksi Gerindra PKS DPRD Kabupaten Banyuwangi usai Rapat Koordinasi Jajaran Dewan Pengawas PDAM dengan DPRD di ruang khusus DPRD Banyuwangi, Selasa (05/09/2017).

Menurut Eko, prinsip pihaknya mendukung upaya penyesuaian tarif air PDAM yang belum berubah sejak tahun 2004. Namun dengan adanya klasifikasi harga, para pengusaha secara tidak langsung bisa membantu masyarakat yang kurang mampu.

Selain itu, imbuh politisi asal Glenmore tersebut, sebelum ada penetapan harga baru perlu dilakukan sosialisasi kepada warga masyarakat agar tidak terjadi gejolak.

‘’Yang tidak kalah pentin,  PDAM seharusnya melakukan inovasi untuk menjual produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang potensial untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah(PAD) tanpa membebani masyarakat,”jelas Eko.

Sementara Agus Siswanto, Asisten Sosial Ekonomi dan Pembangunan Pemkab. Banyuwangi menyatakan, penyesuaian harga air PDAM Banyuwangi selain untuk meningkatkan PAD juga dimaksudkan untuk meningkatkan mutu dan kualitas layanan kepada masyarakat.

“Penyesuaian tarif yang akan diberlakukan sudah sesuai aturan dan mekanisme yang ada. Dalam waktu dekat pemerintah akan melakukan sosialisasi kepada warga masyarakat agar bisa memahami dan menerima langkah yang diambil pemerintah,”jelas Agus.

Agus menambahkan tarif air PDAM Banyuwangi yang ditetapkan sejak tahun 2004 dinilai terendah dibandingkan dengan harga yang ditetapkan oleh kabupaten yang ada di sekitar wilayah Banyuwangi sehingga sudah waktunya disesuaikan agar beban subsidi yang ditanggung pemerintah bisa dikurangi. (*)

Nurhadi/*ONO

LEAVE A REPLY