Gandeng PMI, Lapas Banyuwangi Gelar Donor Darah Berkala

0
16
Kegiatan donor darah berkala Lapas IIB Banyuwangi diawali oleh 30 karyawan,Rabu (14/02/2018)
Kegiatan donor darah berkala Lapas IIB Banyuwangi diawali oleh 30 karyawan,Rabu (14/02/2018)

img-20180214-wa0017SUARATIMUR.NET (BANYUWANGI) – Sebagai bentuk komit-men terus menjaga tubuh tetep sehat serta ikut membantu masya-rakat agar bisa meme-nuhi kebutuhan darah dengan mudah, Lapas IIB Banyuwangi secara berkala akan meng-gandeng PMI menga-dakan donor darah.

Mengawali kegiatan mulia itu, sebanyak 30 karyawan Lapas Kelas II B Banyuwangi, Rabu (14/02/2018), mendonorkan darahnya bagi kepentingan kesehatan masyarakat luas dibawah kewenangan PMI Banyuwangi.

Secara kesehatan, mendonorkan darah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti mengurangi resiko penyakit jantung, stroke dan hipertensi, serta tidak kalah pentingnya dengan mendonorkan darah bisa membuat tubuh lebih sehat dan bugar kerena dapat mengurangi kelebihan zat besi di dalam tubuh yang berbahaya bagi kesehatan.

Kepala Lapas Kekas ll B Banyuwangi, Ketut Akbar Herry Achjar, Bc.IP, SH, MH,  menjelaskan, 30 karyawan Lapas Kelas IIB mengawali kegiatan donor yang akan diadakan secara berkala antara dua hingga tiga bulan sekali.

‘’Kemarin Rabu (14/02/2018) menjadi awal kegiatan donor Lapas Banyuwangi. Sebanyak 30 karyawan lapas ikut mendonorkan darah ke PMI Banyuwangi. Kegiatan donor darah ini akan rutin di gelar setiap dua atau tiga bulan sekali bagi karyawan lapas,” ungkapnya.

Selain sebagai bentuk serta untuk menumbuhkan rasa solidaritas sosial di kalangan petugas lapas, kegiatan donor ini juga bertujuan untuk kesehatan diri kita sendiri,’’ tambahnya.

“Disitulah letak solidaritas sosial dimana kita peduli dan berkontribusi untuk seseorang tanpa mengenalnya terlebih dahulu,” pungkasnya.

Sebenarnya, lanjut Akbar, pihaknya bersedia melibatkan pula Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Banyuwangi, namun PMI Banyuwangi hanya membatasi untuk karyawan lapas yang jumlah mencapai 120 orang. Karena itu untuk kegiatan donor mendatang jumlah pendonor darah akan lebih banyak lagi. (eko/*)

LEAVE A REPLY