HMI Organisasi Mahasiswa Terbesar di Indonesia

0
55
DR. Ir. Akbar Tanjung Ketua Majelis Penasihat Korps Alumni HMI (KAHMI)
DR. Ir. Akbar Tanjung Ketua Majelis Penasihat Korps Alumni HMI (KAHMI)

SUARATIMUR.NET(SURABAYA) : Politisi senior DR. Ir. Akbar Tanjung yang juga Ketua Majelis Penasihat Korps Alumni HMI (KAHMI) mengungkapkan kebanggaannya pernah menjadi anggota dan pengurus HMI, organisasi mahasiswa terbesar di Indonesia.

Pernyataan itu terungkap dalam pidatonya, Jum’at (25/8) saat Pembukaan Rakornas IV KAHMI dengan tema “Pemanfaatan Sumberdaya Alam Untuk Kemajuan Bangsa” di Hotel Grand Palace, Surabaya, Jawa Timur.

Bang Akbar, demikian biasa disapa di kalangan anggota dan alumni HMI, tak sungkan-sungkan mengungkapkan kebanggaannya sebagai alumni HMI, dengan menyebut organisasi mahasiswa yang telah melahirkan sejumlah tokoh nasional itu sebagai organisasi mahasiswa terbesar di Indonesia.

“Dibandingkan dengan ormas lain di Indonesia, HMI merupakan organisasi mahasiswa terbesar di lndonesia,” ungkap bang Akbar dengan penuh rasa bangga.

Karena itu tutur bang Akbar, dengan sendirinya KAHMI juga menjadi orgasnisasi alumni mahasiswa terbesar di lndonesia, dengan jumlah anggota terbanyak yang tersebar di seluruh pelosok tanah air.

“Banyak aktivis bertanya, bagaimana bisa mengkoordinasikan para alumninya yang sangat banyak itu, tapi tetap bisa eksis sampai sekarang,” ujar Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam di saat-saat berakhirnya kekuasaan rezim orde lama dibawah pimpinan Soekarno itu.

Untuk diketahui, HMI organisasi mahasiswa yang nyaris dibubarkan pemerintah orde lama atas desakan Ketua CC PKI DN Aidit itu, hingga kini terus bertahan dengan basisnya di berbagai perguruan tinggi terkemuka di seluruh pelosok tanah air, dari generasi ke generasi.

Para alumninya yang belakangan tergabung dalam wadah ormas KAHMI itu, kemudian berhasil menempati sejumlah pos-pos penting dalam penyelenggaraan negara. Bahkan di setiap rezim pemerintahan, sejumlah alumni HMI menempati posisi strategis di lembaga legislatif, eksekutif maupun yudikatif.

Selain misalnya H Muhammad Jusuf Kalla yang menjadi Wapres di periode pertama Presiden SBY dan kini mendampingi Presiden Jokowi, banyak anggota KAHMI yang menjadi legislator daerah dan kepala daerah, atau tokoh nasional lainnya seperti Mahfud MD, MS Kaban, Hamdan Zoelva, Tamsil Linrung, Bambang Susetyo dan banyak lagi.

Menariknya, meski warna politik para alumni HMI ini beragam yang tersebar di sejumlah partai politik, namun mereka bisa tetap saling bersepahaman dan berkoordinasi di dalam wadah KAHMI sebagaimana diungkap Akbar Tanjung dalam pidatonya. (*)

LEAVE A REPLY