Julisetyo : Eksekutif dan Lagislatif Harus Siap

0
39

img-20160404-wa0047SUARATIMUR  (BANYUWANGI)  : Apabila Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas bersama dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bisa merealisasikan gagasan untuk mengurangi penggunaan kertas dan lebih memanfaatkan Tekhnologi Informasi (TI) dalam melakukan penyusunan dan pembahasan Perarturan Daerah (Perda)  maupun  Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Banyuwangi, hal tersebut merupakan sebuah inovasi, kreatifitas dan langkah cerdas yang baru pertama dilakukan.

Julisetyo Puji Rahayu, Sekretaris DPC Partai Demokrat Banyuwangi, Kamis (05/01/2017), kepada SUARATIMUR menyatakan sejalan dengan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi (Iptek), penggunaan Informasi Tekhnologi (IT) merupakan keniscayaan. “Apakah eksekutif dan legislatif siap untuk dikritisi oleh partai dan warga masyarakat dengan semakin terbukanya kesempatan untuk mendapatkan informasi program pembangunan yang dilakukan oleh pemkab bersama dengan anggota dewan,” tegasnya.

Selama ini, imbuh Julis tidak jarang draft APBD yang dibahas dan ditetapkan bersama antara eksekutif dan legislatif hasil akhirnya tidak sama. Sedang partai politik dan warga masyarakat tidak mampu melakukan kontrol dan pengawasan karena tidak memiliki data terbaru terkait APBD yang sudah disahkan.

Padahal sesuai dengan aturan dan ketentuan yang ada, menurut Julis, program pembangunan yang ditetapkan harus sesuai dengan nama dan alamat yang tertera dalam draf yang dibahas pemkab bersama dengan anggota dewan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Fraksi Partai Golkar DPRD, melalui M Sahlan mengusulkan perlunya pengurangan penggunaan kertas dan memaksimalkan pemanfaatan IT dalam melakukan penyusunan dan pembahasan Perda maupun RAPBD Banyuwangi.

Sedang Bupati Banyuwangi  Abdullah Azwar Anas, di tempat terpisah menilai usulan anggota dewan untuk mengurangi penggunaan kertas dan lebih mengoptimalkan pemanfaatan IT  merupakan hal yang bagus. Selama ini pemkab Banyuwangi dalam beberapa waktu terakhir sudah memanfaatkan IT dalam memberikan layanan kepada warga masyarakat.

Nurhadi

 

LEAVE A REPLY