KAHMI Banyuwangi Distribusikan Air Bersih Tiga Tangki ke Wongsorejo

0
128

kahmi-1

 

SUARATIMUR.NET(BANYUWANGI) – Korp Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Banyuwangi, melakukan distribusikan air bersih sebanyak tiga kendaraan tangki dengan kapasitas masing-masing 8000 liter, Rabu (06/09/2017), ke sejumlah desa terdampak kekeringan di wilayah Kecamatan Wongsorejo.

Beberapa desa terdampak kekeringan di Kecamatan Wongsorejo pada tahun 2017, diantaranya Dusun Pancoran Desa Sidowangi sebanyak 44 KK (140 jiwa), Dusun Krajan 1 Desa Bangsring 60 KK (164 jiwa), Dusun Alasmalang Desa Alasrejo 40 KK (140 jiwa), Desa Wongsorejo  Dusun Karangrejo Utara 508 KK (2540 jiwa) dan Karangrejo Selatan 277 KK (1.200 jiwa), dan Desa Alasbuluh Dusun Karangbaru RYA 1 sebanyak 260 KK (700 jiwa) dan Dusun Karangbaru RYA 2 sebanyak 300 KK (1.500 jiwa).kahmi-5

Kesulitan air bersih dirasakan warga di Dusun Alasmalang Desa Alasrejo sudah berjalan sejak bulan terakhir. Akibatnya, mereka harus mengambil air di Sumberanyar sejauh 1,5 kilometer. Selain itu mereka juga harus merogoh sakunya sebesar Rp 500 untuk jirigen 30 liter.

Karena itu, kata Ahmad Ramli, Sekretaris Desa Alasrejo, kedatangan bantuan air bersih satu tangki dari KAHMI Banyuwangi yang mendapat dukungan dari Sariqua Glenmore sangat membantu warganya yang berada di dusun tersebut.

Menurut Sarawi, Kepala Dusun Alasmalang, warganya yang berada di dua RT tersebar satu sama lainnya dengan jarak cukup berjauhan.

‘’Bantuan air bersih memang sudah ada namun belum mencukupi. Karena itu datang bantuan air bersih dari KAHMI, kami berterima kasih. Meski mereka tidak terjangkau semuanya tetapi mereka dengan kesadaran sendiri berdatangan menuju kendaraan tangki air yang dibawa KAHMI,’’ ujar Sarawi.kahmi-3kahmi-4

Sementara itu, Zamroni, Wakil Bendahara MD KAHMI Banyuwangi, mengatakan bantuan air bersih ini merupakan bentuk kepedulian KAHMI sebagai organisasi masyarakat terhadap warga yang sedang mengalami kesulitan air bersih di Dusun Alasmalang Desa Alasrejo.

Distribusi air bersih KAHMI, lanjut Zamroni, dilakukan secara langsung ke sejumlah rumah warga yang kesulitan air. Bahkan karena air yang diberikan merupakan air bahan baku air minum, maka warga disarankan membawa sebanyak mungkin jirigen untuk tempat air tersebut.

Menurut Zamroni, pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada Mas Baihaqi yang telah rela menyumbangkan air bersih bagi warga di beberapa desa di Kecamatan Wongsorejo.kahmi-2

Selain itu, pihaknya juga mengapresiasi adik-adik HMI yang ikut membantu pelaksanaan distribusi air di Desa Bangsring, Sidowangi dan Desa Alasrejo.

‘’Kami akan terus memantau perkembangan warga di daerah-daerah terdampak kekeringan lainnya. Kami akan membantu warga yang mengalami kesulitan air bersih,’’ jelasnya. (*)

Eko Suryono

LEAVE A REPLY