Kebun Kendenglembu Terus Berbenah Sambut ITdBI 2017

0
35

img_2507

SUARATIMUR.NET(Banyuwangi) : Event tahunan International Tour de Banyuwangi-Ijen (ITdBI) terus melecut PTPN XII Kebun Kendenglembu untuk membenahi infrastruktur Doesoen Kakao yang berlokasi di wilayah Pager Gunung, Glenmore.

Menurut Tinton Tantular, Manajer PTPN XII Kebun Kendenglembu kepada Majalah Potensi, pihaknya kini tengah mengebut pengerjaan sejumlah infrastruktur di kawasan wisata edukasi Doesoen Kakao. Diantaranya lahan parkir, play ground, dan pujasera.

‘’Semua infrastruktur akan selesai sebelum dilaksanakan tour ijen,’’ jelas Tinton singkat.

 Fasilitas lainnya yang akan dibenahi, antara lain, jalan, cafe kakao, galeri dan lain-lain seperti kemungkinan penyiapan homestay bagi wisatawan yang akan bermalam disini.

Cafe di Doesoen Kakao untuk cicipi seduhan kakao bercita rasa tinggi yang dipersiapkan kepada setiap pengunjung kawasan wisata edukasi ini
Cafe di Doesoen Kakao untuk cicipi seduhan kakao bercita rasa tinggi yang dipersiapkan kepada setiap pengunjung kawasan wisata edukasi ini

‘’Tapi untuk sementara waktu kita sudah ada penginapan di dekat kantor, yang jaraknya juga tidak jauh dari Doesoen Kakao,’’ tambah Tinton.

Sebelum membuka Doesoen Kakao, Kebun Kendenglembu banyak diminati wisatawan mancanegara, terutama dari Belanda dan Swedia. Mereka datang kesini lebih termotivasi karena ingin melihat dari dekat perkebunan yang dirintis pendahulunya ketika berada di Indonesia.

Begitu akan memasuki besaran, kita sudah disuguhi pemandangan yang cukup asri ketika melewati jembatan kayu yang usianya 100 tahun lebih. Selain proses pengolahan kakao, wisatawan yang berkunjung ke Kendenglembu dulu juga bisa melihat dari dekat proses pengolahan karet. Namun kini kegiatan pengolahan karet sudah dipindahkan ke kebun lainnya. (*)

Eko Suryono

LEAVE A REPLY