Keindahaan dan Manfaat Pantai Cemara yang Tersembunyi

0
31
Suka cita warnai pelepasan tukik di Pantai Cemara
Suka cita warnai pelepasan tukik di Pantai Cemara

SUARATIMUR.NET(BANYUWANGI) – Pelepasan tukik jenis lekang yang digelar masyarakat kawasan Pantai Cemara bersama Kelompok usaha Bersama (KUB) dalam rangka menyambut HUT RI ke 72, Minggu (27/28/2017), disambut hangat pengunjung kawasan wisata itu.

Selain menyuguhkan pemandangan pantai yang sangat indah, kawasan Pantai Cemara juga memberikan manfaat bagi ekosistem laut, yaitu sebagai tempat pengembangbiakan beberapa jenis penyu yang dilindungi dan dijaga akan keberadaanya oleh negara.

Pelepasan tukik jenis lekang yang dilakukan KUB beserta pengunjung di pantai ini bertujuan untuk menjaga kelestarian alam dan sebagai tempat konservasi guna membangun wisata yang berbasis edukasi atau pembelajaran di wilayah Banyuwangi.

Konservasi yang dilakukan KUB dimulai pada tahun 2013 hingga saat ini tercatat sudah melakukan pelepasan kurang lebih 700 tukik dari beberapa jenis.

“Hari ini kami melepas tukik jenis lengkang sejumlah 30 tukik, pelepasan tukik ini kami peruntukan bagi pengunjung wisata pantai cemara yang beruntung pada hari ini untuk ikut serta bersama kami melepas tukik ke alam bebas” ujar Muhyi, Koordinator KUB.

Adapun tujuan dari kegiatan KUB ini kata Muhyi, semoga Pantai Cemara tambah eksis lagi dan banyak pengunjung yang datang, baik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.

‘’Dan juga kami mengharapkan kedepannya adanya suatu donasi untuk kawasan wisata dan konservasi Pantai Cemara ini agar dapat menjadi kawasan wisata yanag berbasis edukasi,” tambahnya. (*)

Andika/*ONO

LEAVE A REPLY