Kemiren Desa Wisata Budaya Dilaunching Kementerian Pariwisata

0
14
Menteri Pariowisata, Arief Yahya diapit para pelaku budaya DesaKemiren Glagah Banyuwangi Jawa Timur
Menteri Pariowisata, Arief Yahya diapit para pelaku budaya DesaKemiren Glagah Banyuwangi Jawa Timur

SUARATIMUR.NET(BANYUWANGI) – Menteri Pariwisata, Arif Yahya,  melakukan kunjungan kerja selama tiga hari di Banyuwangi, Jawa Timur. Salah satunya adalah mengunjungi Desa Wisata Osing, Kemiren, Sabtu (09/09/2017) lalu.

“Kementrian Pariwisata dalam hal ini kembali melakukan upaya, peningkatan kualitas destinasi wisata,  diantaranya adalah dengan pelatihan ini,  yang saya berharap sapta pesona merupakan faktor penting, ” ujar Arif Yahya.

Acara ini menurut Eko Suwilin,  Ketua Panitia  Pelatihan Sapta Pesona,  adalah bentuk komitmen pemerintah pusat,  yang menggelar pelatihan bagi pengelola homestay, adalah rangkaian dari pendampingan Kementrian Pariwisata yang digelar di Jakarta. Selain pelatihan tata kelola kebersihan, keamanan,  keindahan  sebanyak 55 peserta juga mendapatkan bantuan berupa lemari pakaian,  tempat sampah,  bad cover. lrg_dsc01416

“Desa Osing Kemiren, menjadi wakil Banyuwangi yang peroleh predikat Desa Wisata Budaya , yang berdasar dari heritage local genius adat dan budaya osing,  Selain itu, pengelolaan homestay yang dilakukan oleh Badan Usaha Milik Desa merupakan manajemen terbaik versi kementerian. Karena desa lainnya se Indonesia belum menggunakan sistem sinergitas dengan Bumdes.”Kata Eko Suwilin.

Keterlibatan kelompok sadar wisata, dan 55 orang pengelola homestay,  serta Bumdes adalah gerakan dari bawah, yang masyarakat sendiri bersedia untuk turut serta dalam pembangunan . Tema “Peningkatan kapasitas usaha masyarakat destinasi wisata” yang diikuti,  sebanyak 55 orang induk semang pengelola homestay. (*)

 

Eko Suryono

 

 

LEAVE A REPLY