Kepiting Pedas Rica-rica Rumah Makan 58 Rogojampi Memang Benar-benar Nendang

0
39

img-20180218-wa0125menu-seafood-rm-58-rogojampi kru-rm-58-seafood

SUARATIMUR.NET (BANYUWANGI) – Begitu mendengar menu rica-rica, lidah kita sudah langsung membayangkan menu kuliner yang teramat pedas. Kendati demikian kita tidak pernah kapok untuk terus mencicipinya, terlebih masakan pedas ini hasil olahan juru masak handal.

Demikian pula salah satu menu favorit yang ditawarkan Rumah Makan 58 Rogojampi, Banyuwangi, yang sudah berpengalaman dalam mengolah beragam menu hasil laut di kota paling timur Pulau Jawa itu.

Kuliner yang satu ini sudah pasti banyak yang suka masak kepiting rica-rica, karena dengan rasanya yang selalu membekas di lidah Kepiting pedas rica-rica ini bisa membuat pecinta kuliner ketagihan. Banyak cara dan trik memasak kepiting namun dengan Kepiting pedas rica-rica ini di jamin anda akan ketagihan.

Kepiting Pedas Rica-rica RM 58 Seafood Rogojampi
Kepiting Pedas Rica-rica RM 58 Seafood Rogojampi

Menurut Lilik Sutrisno, pemilik Rumah Makan 58 Rogojampi, ada cara yang harus dilakukan sebelum memasak kepiting, supaya terhindar dari racun. Yaitu dengan cara merendam terlebih dahulu dengan air panas biarkan beberapa menit, ulangi cuci sampai benar-benar bersih. Itulah salah satu cara mencuci kepiting.

Karena sebagai menu favorit, lanjut Lilik, pihaknya selalu menjaga kualitas kepiting yang akan dimasak harus selalu segar. Untuk itu, RM 58 Seafood Rogojampi tidak pernah menyimpan banyak persediaan kepiting, apalagi kata Lilik, sudah ada pemasok yang selalu siap mengirimkan kepiting segar atau hidup begitu ada permintaan dari rumah makannya yang berada jalur perlintasan Jalur Lintas Selatan Banyuwangi.

Selain kepiting segar, untuk mendapatkan cita rasa rica-rica yang pedas nendang lanjut Lilik, pihaknya menambah rempah-rempah, seperti bawang putih, bawang merah, cabai merah keriting, cabai merah besar, tomat merah, terasi yang sudah dibakar atau digoreng, serai gunakan bagian putihnya saja lalu dimemarkan, garam, gula pasir, dan lada putih bubuk secukupnya.

Sedang menyinggung harganya, Lilik menambahkan, tergantung dari kualitas kepitingnya. Untuk kepiting biasa dipatok sekitar Rp 19.000 per ons, sementara untuk kepiting super harganya Rp 22.000 per ons.

Disamping diolah dengan menu pedas rica-rica, menurut Lilik yang kali pertama terjun di dunia kuliner ini, Rumah Makan 58 Rogojampi juga menyiapkan menu kepiting lainnya, seperti kepiting bakar, rebus, soup, goreng tepung/kering, goreng asam manis/tiram, dan goreng saus padang/Inggris.

‘’Dan masih banyak lagi menu yang tersedia di rumah makan 58. Selain kepiting, juga tersedia beragam olahan dari ikan laut, kerang, cumi, udang, lobster, bebek, ayam kampung, serta menu nasi goreng dan mie goreng dan lain-lain,’’ papar Lilik.

Dengan fasilitas ruangan yang cukup luas, RM 58 Seafood Rogojampi tidak saja melayani tamu perorangan atau keluarga, tetapi juga siap menerima pesanan untuk acara reunian atau pertemuan dengan kapasitas untuk 150 orang.

Selain melayani pecinta kuliner Banyuwangi, RM 58 Seafood Rogojampi juga sering jadi jujukan tamu atau wisatawan luar Banyuwangi sedang berekreasi ke kota berjuluk Sunrise of Java. (eko/*)

LEAVE A REPLY