KP3 Tanjungwangi Mulai Perketat Pengamanan di Pelabuhan Penyeberangan Ketapang

0
35

20140321_144050_penyeberangan-banyuwangi-bali-ditutup

SUARATIMUR (BANYUWANGI) : Aparat Kepolisian Pelaksana Pengaman Pelabuhan (KP3) Tanjungwangi, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (21/12/2016) siang, mulai memperketat pemeriksaan terhadap semua kendaraan calon penumpang kapal ferry, tujuan Pulau Bali. Hal ini dilakukan guna menjaga keamanan terhadap tindak kejahatan pelaku teror yang kerap terjadi.

Semua kendaraan yang masuk dan akan menyeberang ke Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, tujuan Bali dan Nusa Tengga Timur diperiksa oleh Satuan Kepolisian Pelaksana Pengaman Pelabuhan, di pintu masuk Pelabuhan Ketapang.

Satu persatu kendaraan diperiksa petugas tanpa terkecuali. Pemeriksaan tersebut meliputi surat – surat kendaraan, kartu identitas  serta barang bawaan calon penumpang, termasuk yang berada di bagasi kendaraan.

Petugas juga memeriksa setiap sudut dan atap dalam kendaraan untuk memastikan tidak ada barang yang mencurigakan yang dibawa oleh calon penumpang kapal ferry. Pemeriksaan juga dilakukan terhadap calon penumpang yang mengendarai kendaraan roda dua, mulai dari kelengkapan surat kendaraan, identitas dan bagasi motor

Hal ini dilakukan untuk mencegah dan mendeteksi dini kemungkinan adanya acaman dan tindak kejahatan teror yang kerap terjadi, terlebih jelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2017.

Target utama dari pemeriksaan adalah senjata tajam, senjata api dan bahan peledak yang membahayakan. Pengamanan dan pemeriksaan ini akan terus dilakukan guna memutus jaringan pelaku kejahatan yang menyeberang ke Pulau Bali hingga wilayah Indonedisia Timur, melalui jasa penyeberangn lintas Selat Bali.

Eko Suryono

LEAVE A REPLY