LKD Menaruh Perhatian Serius Pilkades Serentak 8 November

0
93
Suasana diskusi LKD Lumbung Banyuwangi, Senin (21/08/2017)
Suasana diskusi LKD Lumbung Banyuwangi, Senin (21/08/2017)

SUARATIMUR.NET(Banyuwangi) : Lembaga Kajian Desa (LKD) Lumbung Banyuwangi, menaruh perhatian serius terhadap pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak yang rencananya dilaksanakan pada 8 November 2017 mendatang. Hal itu mengemuka dalam Diskusi Rutin LKD Lumbung, Senin (21/08/2017).

‘’Sebagai lembaga yang berorientasikan pada kegiatan pendampingan desa, LKD Lumbung tidak hanya menaruh perhatian pada pemberdayaan masyarakat dalam mengelola ADD dan DD, tetapi kami juga serius mencermati persiapan pelaksanaan pilkades serentak di 51 desa yang ada di Kabupaten Banyuwangi,’’ papar Direktur LKD Lumbung Banyuwangi, Ir. As’ad M. Nagib kepada SUARATIMUR.NRT.

Karena itu, lanjut As’ad, dalam waktu dekat LKD Lumbung Banyuwangi akan mengajak duduk bareng semua stakeholder sekaitan dengan pilkades serentak, baik panitia kabupaten, eksekutif dan legislatif.

Berdasarkan  kajian LKD Lumbung, kata As’ad, pelaksanaan pilkades sangatlah strategis dalam menata kehidupan bermasyarakat di desa, sehingga bagaimana pilkades tidak meninggalkan konflik berkepanjangan seperti yang sudah-sudah.

‘’Ini penting guna mendukung pelaksanaan program ADD dan DD. Jika di desa masih tinggi konflik akibat pilkades, bagaimana program ADD dan DD bisa berjalan sebagaimana harapan masyarakat,’’ tegasnya.

LKD Lumbung juga menilai pilkades serentak harus dipersiapkan secara matang, baik kesiapan SDM maupun anggaran yang harus disediakan untuk pelaksanaan pilkades serentak. Apalagi, dalam pemilihan kepala desa kali ini tidak diperkenankan adanya pungutan terhadap calon kepala desa.

‘’Masalah anggaran ini harus tuntas jangan sampai bermasalah karena sangat rawan bila dikemudian hari berpotensi menjadi masalah hukum. LKD Lumbung siap diajak duduk satu meja untuk bagaimana pilkades serentak bisa berjalan sesuai jadwal yang ada,’’ tambah As’ad.

Informasi yang dihimpun SUARATIMUR.NET, pelaksanaan pilkades serentak akan dibiayai dana APBD 2017 sebesar Rp 2,8 miliar. Selain dari APBD, pesta demokrasi di tingkat masyarakat desa ini juga akan dibiayai APBDes. (*)

Andika Apriyanto/*ono

LEAVE A REPLY