Pasca Operasi Lilin Semeru, Polisi Terus Pantau Pengamanan Lalin

0
77

81thtrSUARATIMUR (BANYUWANGI) : Operasi Lilin Semeru 2016 resmi berakhir, Senin (2/1/2017). Namun demikian sejumlah personil kepolisian Banyuwangi masih terlihat berada di pos pengamanan untuk memantau arus lalulintas.

Di Pelabuhan Ketapang, aparat Polsek Kawasan Pelabuhan Tanjungwangi (KPT) gencar melakukan gerakan Tiada Hari Tanpa Razia (THTR). Kegiatan yang digelar antara lain;  pemeriksaan kelengkapan surat kendaraan dan barang bawaan serta muatan barang meskipun perayaan malam pergantian tahun di Bali maupun Banyuwangi berlangsung aman tertib dan lancar.

Setiap kendaraan yang hendak masuk/keluar pelabuhan diperiksa. Arus gelombang warga yang pulang ke Jawa dan Bali usai menjalani liburan Natal dan akhir Tahun Baru terjadi Senin (02/01/2017) melintasi Selat Bali. Menurut Kapolsek KPT AKP Sudarmaji, sampai Senin siang jumlah kendaraan yang keluar masuk di Pelabuhan Ketapang masih normal.

“Situasi terkini Pelabuhan Ketapang sepi. Arus penumpang maupun kendaraan yang dari Bbiasa saja. Sesuai jadwal Operasi Lilin Semeru 2016 telah berakhir pukul 24.00 Minggu (1/1/2016) malam. Tapi secara tertulis kita belum menerima mandat pembubaran makanya giat pengamanan di Pelabuhan Ketapang terus kita lakukan,” jelas perwira pertama asal Dusun Sagat, Desa Tamanagung, Kecamatan Cluring.

AKP Sudarmaji mengakui, libur Tahun Baru pada 1 Januari 2017 terjadi kemacetan kendaraan di sepanjang Pelabuhan ASDP Ketapang sampai Pantai Grand Watudodol di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo  kurang lebih 4 kilometer  . Kondisi tersebut terjadi akibat volume kendaraan yang melintas tidak sebanding dengan kapasitas jalan yang ada.

“Kondisi di dalam pelabuhan sebenarnya normal, tidak ada antrian kendaraan warga yang hendak balik ke Bali. Penumpukkan kendaraan terjadi di jalan raya depan pelabuhan. Itu imbas tingginya volume kendaraan yang hendak keluar masuk Pantai Watudodol lama maupun Pantai GWD. Yang macet sebetulnya jalur menuju utara. Karena kendaraan dari arah selatan saling mendahului meski dalam kondisi macet, akhirnya kendaraan yang dari utara ikut tertahan sebab markanya dilintasi kendaraan dari arah berlawanan,” papar AKP Sudarmaji.

Tak ingin situasi itu terulang, meskipun Operasi Lilin Semeru 2016 telah usai anggota Satlantas Polres Banyuwangi tetap siaga. Aparat kepolisian  tetap waspada di lokasi untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya peningkatan arus kendaraan  yang keluar/masuk pelabuhan Ketapang.

Nurhadi

LEAVE A REPLY