PB ISSI Banggakan ITdBI

0
21

img-20170926-wa0041

SUARATIMUR.NET(BANYUWANGI) – Gelaran International Tour De Banyuwangi Ijen (ITdBI) merupakan salah satu even yang dibanggakan oleh Pengurus Besar (PB) Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI). Pernyataan tersebut disampaikan Engkos Sadrah, salah seorang pengurus ISSI Pusat di Banyuwangi, Rabu (27/09/2017).

Menurut Engkos gelaran ITdBI memasuki tahun ke 6 diharapkan terus ada peningkatan mutu dan kualitas even.

Ada dua sasaran yang diinginkan dengan menggelar even  sepeda internasional. Yang pertama terkait dengan pengembangan dan peningkatan bidang pariwisata dan pembinaan serta peningkatan prestasi cabang olahraga balap sepeda untuk Go Internasional.” Konsep sport tourism yang dikembangkan Banyuwangi mampu menjadi salah satu kebanggaan dari Kementrian Pariwisata dan Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia,” ujar Engkos.

Sementara itu, Guntur Priyambodo, Chairman ITdBI, mengungkapkan gelaran ITdBI ingin menyampaikan  3 pesan kepada dunia internasional. Dimana jalur yang dilalui dalam etape 1 peserta akan melewati kawasan pantai Bangsring Under Water (Bunder), pesan yang ingin disampaikan terkait perubahan budaya masyarakat yang pada masa  lalu sebagai perusak lingkungan dengan menggunakan boom untuk menangkap ikan, sejak beberapa tahun terakhir berubah menjadi masyarakat yang konsern terhadap pelestarian lingkungan. Bahkan tahun ini mendapatkan penghargaan Kalpataru.

Selanjutnya Guntur menambahkan salah satu tempat start ITdBI kali adalah kawasan Blokagung yang merupakan tempat pendidikan tertua di Indonesia dengan budaya santri yang toleran dan welcome kepada semua orang.

Yang tidak kalah penting, imbuh Guntur, dengan melakukan start di Dusun Kakao, kecamatan Glenmore, Banyuwangi ingin menyampaikan kepada masyarakat dunia bahwa kota ujung timur pulau Jawa merupakan penghasil coklat paling enak di dunia. (*)

Nurhadi/*ONO

LEAVE A REPLY