Pemkab Banyuwangi Jalin Kerja sama Dengan Perguruan Tinggi

0
48

Pewarta : Nurhadi

photo-anas
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas

SUARATIMUR (BANYUWANGI) ;  Kinerja pemerintah yang baik menurut Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas tidak cukup hanya dengan faktor kepemimpinan. Tetapi, pemimpin yang baik dalam melakukan pengambilan kebijakan harus didukung  data. Untuk itu, Bupati Anas mengajak kepada Perguruan Tinggi untuk menyiapkan data bagi baham penyusunan kebijakan pemerintah.

“Sehebat apapun leader (pemimpin), jika data yang diambil salah, maka akan gagal kepemimpinan tersebut,” ungkap Anas pada Forum Silaturahmi Bidang Kemahasiswaan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta se-Jawa Timur di Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi Jawa Timur, Kamis (26/1).

Di hadapan para wakil rektor berbagai Perguruan Tinggi di Jawa Timur itu, Bupati Anas mengajak kepada perguruan tinggi untuk bersinergi dengan pemerintah daerah dalam menyediakan data sebagai salah satu kontribusi dalam menyelesaikan persoalan rakyat.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Banyuwangi lanjut Anas,  telah menjalin kerja sama dengan Perguruan Tinggi di Banyuwangi dalam berbagai proyek penelitian dan  banyak hasil riset yang dilaksanakan berhasil menyelesaikan problematika masyarakat.”Ada belasan penelitian tiap tahunnya dari kampus di Banyuwangi yang bermanfaat bagi penyelesaian masalah. Misalnya hasil penelitian dari kampus Untag Banyuwangi terkait dengan pengelolaan buah naga,” ungkapnya.

Kerjasama penelitian dengan Perguruan Tinggi di Banyuwangi, imbuh Anas dimulai sejak tahun 2012. Pada tahun pertama terdapat 11 penelitian, kemudian tahun 2013 ada 13 penelitian, selanjutnya tahun 2014 ada 10 penelitian, dan tahun 2015 ada 12 judul penelitian serta 15 penelitian  pada tahun 2016.

Program pelaksanaan riset dan penelitian melibatkan semua PerguruanTinggi mulai dari Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi), Universitas Airlangga Banyuwangi, Universitas 17 Agustus 1945(Untag’45), Universitas PGRI Banyuwangi, Institut Agama Islam (IAI) Ibrahimi, Institut Agama Islam (IAI) Darussalam Blokagung, Sekolah Tinggi Islam Blambangan (STIB), Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan(STIKES) Banyuwangi dan Akademi Kesehatan Rustida serta Akademi Kelautan Banyuwangi(AKABA).

Dengan adanya kerjasama antara Pemkab Banyuwangi dengan Perguruan Tinggi  akan menjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak. “Intinya, pemerintah membutuhkan kampus, dan kampus juga butuh peran pemerintah,” tegas Anas.(nur/ekos)

LEAVE A REPLY