Pemkab Banyuwangi Pasang Jaring Di Sepanjang Kalilo

0
90

SUARATIMUR (BANYUWANGI) : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi akan membagi Sungai Kalilo menjadi beberapa cluster dan memasang jaring di setiap Rukun Tetangga (RT) untuk menjaring sampah yang dibuang oleh warga ke Sungai Kalilo, Kecamatan kota Banyuwangi Jawa Timur.

aaa-guntur
Bupati Banyuwagi Abdullah Azwar Anas

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, kepada SUARATIMUR, Rabu (18/01/2017)  mengungkapkan membangun Sungai Kalilo bukan sekedar membangun fisik akan tetapi bagaimana membangun mentalitas, budaya hidup dan perilaku warga masyarakat untuk ikut bertanggung jawab dalam menjaga dan memelihara kebersihan sungai Kalilo.

Menurut Bupati Anas, penanganan kebersihan sungai Kalilo merupakan kolaborasi Dinas Pekerjaan Umum Pengairan, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kelautan dan Perikanan serta beberapa lembaga terkait yang lain.” Pokoknya dalam satu ke depan kami berupaya merubah total kondisi Kalilo menjadi lebih baik,” tegas Anas.

Dengan membangun tempat selfi dan memasang CCTV, lanjut Anas kondisi Kalilo saat ini lebih baik. Semakin sedikit warga masyarakat yang membuang sampah dan kotoran ke sungai. Ke depan program pembangunan tempat selfi akan ditambah sampai tiga tempat, termasuk di dekat toko Bagus yang ada di jalan utama kota Banyuwangi.

Sekarang pendekatannya budaya dulu, minimal warga masyarakat tidak membuang sampah ke sungai. Selama ini warga yang tinggal di sepanjang aliran sungai saling menyalahkan terkait kondisi sungai yang penuh dengan sampah dan kotoran.

Dengan  memasang jaring dan membangun keramba ikan di belakang setiap RT, menurut Anas pihaknya berharap mampu menumbuh kembangkan kesadaran, perilaku, budaya hidup bersih dan sehat di kalangan warga masyarakat salah satunya dengan tidak membuang sampah di sungai (nur/ekos)

LEAVE A REPLY