Penggendam Waginah Dibekuk Tim Resmob Barat di Hotel Pancoran

0
17
Tersangka Waginah
Tersangka Waginah

SUARATIMUR.NET (BANYUWANGI) – Tim Resmob Barat Satreskrim Polres Banyuwangi, yang dipimpin langsung AKP Sodiq Effendi, SH, Kasat Reskrim, Senin (30/01/2018), berhasil membongkar tindak pidana dengan modus operandi melipat gandakan uang yang diduga dilakukan Waginah (46) alias Bu Retno, warga Dusun Banyu Lor RT02/RW02 Desa Banyu Kecamatan Songgon. Tersangka yang mengaku sebagai buruh tani itu ditangkap di dalam kamar Hotel Pancoran No. 15 Desa Karangbendo Kecamatan Rogojampi.

Kasat Reskrim Polres Banyuwangi, AKP Sodiq Effendi, SH kepada wartawan, Rabu (31/01/2018), menjelaskan pengungkapan tindak pidana dugaan melipat gandakan uang dengan tersangka Waginah (46) ini berdasarkan laporan korban M.Wiyono (33), warga Dusun Tembelang RT01/RW02, Desa Bareng Kecamatan Kabat.

Dalam laporannya, korban pada Jum’at (26/01/2018) sekitar pukul 09.00 WIB bersama Saiful (42), bertemu dengan tersangka Waginah di Gua Pawon Kecamatan Songgon. Saat itu pelapor dan saksi bertemu dengan tersangka untuk minta bantuan terkait handphone milik korban yang hilang.

sejumlah barang bukti yang berhasil disita petugas dari tangan Waginah
sejumlah barang bukti yang berhasil disita petugas dari tangan Waginah

Namun tidak terhenti di pertemuan tersebut, tetapi berkembang ke pertemuan – pertemuan berikutnya antara pelapor dan Siful dengan tersangka. Karena tertarik dengan pengakuan tersangka yang mengaku memiliki keahlian serta sanggup menarik uang dari alam gaib.

Kemudian tersangka juga sempat mempraktekan keahliannya menarik logam warna kuning bentuk lempengan dan bentuk telur kepada korban dan Siful yang menurut tersangka lempengan itu terbuat dari emas. Dan aksi tipu-tipu tersangka ini membuat korban dan Saiful semakin yakin akan kemampuan Waginah. Karena itu, korban dan saksi menuruti keinginan tersangka agar keduanya memberikan uang senilai total Rp. 8.500.000,- dengan dijanjikan akan berkembang.

Untuk lebih meyakinkan korbannya, Senin (29/01,2018), tersangka lalu mengajak korban bersama beberapa saksi, seperti Saiful, Samak Supriyadi, dan Ansori Brewok bermalam di hotel Pancoran Rogojampi, dengan iming-iming akan ada orang yang mau membeli lempengan emas, dan korban serta Saiful dijanjikan akan mendapat uang total senilai Rp, 2.700.000.000,- pada hari Selasa (30/01,2018).

Tetapi hingga larut malam, janji hanya tinggal janji karena orang yang akan beli lempengan emas tidak kunjung datang, termasuk uang yang akan diterima korban dan Saiful.

Lantaran sudah jengkel dan menyadari telah menjadi korban penipuan, keduanya kemudian melaporkan perbuatan tersangka.

Menerima laporan korban, Tim Resmob Barat yang dipimpin langsung AKP Sodiq Effendi, SH, Kasat Reskrim Polres Banyuwangi, bergerak cepat menuju hotel Pancoran Rogojampi. Tanpa ada perlawanan, tersangka dengan mudah dibekuk petugas dan digelandang ke Mapolres Banyuwangi untuk menjalani pemeriksaan guna mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Selain telah memeriksa para saksi dan tersangka, petugas juga menyita sejumlah barang bukti di lokasi penggrebekan di hotel Pancoran, yakni uang tunai senilai Rp. 1.650.000,-; dua gelas kaca berisi bunga; empat buah kuningan bentuk telur; 21 keping lempengan kuningan; satu bungkus menyan; satu bokor; dua bungkus rokok; satu pak dupa; dan satu buku tulis.

Akibat perbuatannya, tersangka terancam terjerat dugaan tindak pidana sebagaimana dalam rumusan Pasal 378 KUHP. (*)

LEAVE A REPLY